Record Details

Perbandingan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Implementasi Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) dan Pendekatan Saintifik untuk Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbandingan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Implementasi Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) dan Pendekatan Saintifik untuk Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan
 
Added Entry - Uncontrolled Name Anggana, Syeh Umar
Herlambang, Admaja Dwi
Wijoyo, Satrio Hadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk tahu akan perbandingan minat belajar serta hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi REACT dan Pendekatan Saintifik untuk mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Jenis penelitian ini yakni quasi experiment, sedangkan desain penelitian yang diterapkan yakni non-equivalent control group design. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI SMK Negeri 9 Medan, sedangkan penentuan sampel lewat teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan unpaired sample t-test. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan soal pre-test & post-test. Kuesioner berfungsi mengukur minat belajar, sedangkan soal pre-test & post-test berfungsi mengukur hasil belajar. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama dua pertemuan terhadap kelas kontrol serta kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan Pendekatan Saintifik, sedangkan kelas eksperimen dengan strategi REACT. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa keseluruhan data instrumen penelitian mempunyai nilai probabilitas significance 2-tailed lebih besar dari 0,05 sehingga dinyatakan tidak ada perbedaan signifikan pada minat belajar serta hasil belajar peserta didik. Simpulan yang bisa diambil yakni, tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar serta hasil belajar pada implementasi strategi REACT dan Pendekatan Saintifik untuk mata pelajaran Pemrograman Beroientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10143
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 11 (2021): November 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com