Perbandingan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Implementasi Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) dan Pendekatan Saintifik untuk Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perbandingan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Implementasi Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) dan Pendekatan Saintifik untuk Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Anggana, Syeh Umar Herlambang, Admaja Dwi Wijoyo, Satrio Hadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk tahu akan perbandingan minat belajar serta hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi REACT dan Pendekatan Saintifik untuk mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Jenis penelitian ini yakni quasi experiment, sedangkan desain penelitian yang diterapkan yakni non-equivalent control group design. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI SMK Negeri 9 Medan, sedangkan penentuan sampel lewat teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan unpaired sample t-test. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan soal pre-test & post-test. Kuesioner berfungsi mengukur minat belajar, sedangkan soal pre-test & post-test berfungsi mengukur hasil belajar. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama dua pertemuan terhadap kelas kontrol serta kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan Pendekatan Saintifik, sedangkan kelas eksperimen dengan strategi REACT. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa keseluruhan data instrumen penelitian mempunyai nilai probabilitas significance 2-tailed lebih besar dari 0,05 sehingga dinyatakan tidak ada perbedaan signifikan pada minat belajar serta hasil belajar peserta didik. Simpulan yang bisa diambil yakni, tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar serta hasil belajar pada implementasi strategi REACT dan Pendekatan Saintifik untuk mata pelajaran Pemrograman Beroientasi Objek di SMK Negeri 9 Medan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10143 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 11 (2021): November 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|