Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : SD Negeri Wates Kabupaten Kediri)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : SD Negeri Wates Kabupaten Kediri) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Aisy, Rr. Tasia Haniifah Rihadatul Brata, Komang Candra Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pandemi COVID-19 membuat aktivitas tatap muka dilumpuhkan termasuk pada pendidikan. SDN Wates adalah salah satu instansi pendidikan yang proses pembelajarannya berganti menjadi daring. SDN Wates memilih untuk menggunakan aplikasi pengirim pesan sebagai sarana pembelajaran dan penyebaran informasi. Tidak adanya tatap muka antara guru dan siswa berdampak pada penurunan nilai siswa. Guru juga menjadi kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran, pembuatan rapor, dan memperoleh informasi sekolah. Berawal dari permasalahan tersebut, dibutuhkan media yang dapat mendukung pembelajaran secara daring. Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran tidak dapat diterapkan karena hanya 30% guru dan 9,7% siswa yang memiliki laptop. Tujuan penelitian ini adalah mengusulkan desain solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami dan disesuaikan dengan keterbatasan yang ada. Perancangan user experience diperlukan agar tercipta user interface dan fungsi yang dapat diterima dengan baik. Metode yang digunakan adalah design thinking dengan tujuan menemukan solusi dari permasalahan dengan mempertimbangkan kebutuhan, keterbatasan teknologi, dan kebutuhan bisnis. Hasil evaluasi menggunakan usability testing pada guru mendapatkan hasil sebesar 83,% dan siswa sebesar 87,3%. Hasil User Experience Questioner - Short (UEQ-S) pada guru dan siswa mendapat hasil secara keseluruhan yakni kategori Good. Dapat disimpulkan bahwa desain solusi memberikan persepsi yang positif dari usability, experience dan kesesuaian desain solusi terhadap masalah pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9533 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|