Record Details

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Sistem Informasi Sekolah berbasis Web menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Sistem Informasi Sekolah berbasis Web menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Abidin, Zainal
Hanggara, Buce Trias
Prakoso, Bondan Sapta
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Al-Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu, merupakan sekolah yang menghubungkan nilai-nilai dasar dengan pengetahuan komprehensif tentang zaman yang berubah dengan cepat ini. Proses Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan secara utuh, yang menghimpun pengembangan dan pengetahuan umum nilai-nilai keislaman siswa. Proses kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, ketika guru tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, maka penyampaian materi secara alami terhambat. Masalah ini mengakibatkan belajar siswa tidak maksimal, selain itu guru juga harus mengejar materi yang tertinggal. Untuk membantu guru dan siswa dalam proses pengajaran, menerapkan aplikasi pembelajaran pada perangkat peramban sehingga dapat diakses kapan saja, di mana saja. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk belajar materi yang ada, mengerjakan tugas dan mengevaluasi. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan metode extreme programming yang menghasilkan tiga iterasi. Extreme programming adalah metode yang berfokus pada hasil yang lebih cepat. Selain itu, metode ini cocok untuk pengguna dengan kebutuhan yang tidak jelas dan berubah-ubah. Menurut analisis kebutuhan, 26 kebutuhan fungsional dihasilkan. Menurut hasil pengujian dinyatakan valid yang berarti aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hasil pengujian user acceptance testing, aplikasi pembelajaran mendapatkan penilaian dari pengguna yaitu dengan persentase 81,47%. Dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa aplikasi dinyatakan disetujui atau diterima oleh pengguna.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9525
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com