Analisis Penerapan Gamifikasi Pada Model Blended Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Desain Grafis Studi Kasus : SMK Negeri 10 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Penerapan Gamifikasi Pada Model Blended Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Desain Grafis Studi Kasus : SMK Negeri 10 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Mahfudah, Hawim Wijoyo, Satrio Hadi Afirianto, Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini digunakan dengan tujuan mengetahui hasil, pengaruh beserta perbedaan dari penerapan gamifikasi pada model blended learning terhadap hasil pembelajaran Dasar Desain Grafis melalui studi kasus SMK Negeri 10 Malang. Populasi berdasarkan penelitian yaitu siswa kelas X bidang keahlian MM melalui sampel dua kelas, yaitu X MM-1 dan X MM-4 yang berjumlah 15 siswa setiap kelas. Kedua kelas diberikan label yang berbeda, yaitu X MM-4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berbeda, dan X MM-1 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran seperti biasa. Data diambil menggunakan instrumen pretest dan posttest yang tahapan selanjutnya dilakukan analisis melalui Uji T. Hasil dari analisis data yaitu penerapan dari gamifikasi pada model blended learning terhadap hasil pembelajaran Desain Grafis yaitu mengalami kenaikan nilai namun tidak berpengaruh secara signifikan. Hal ini dikarenakan nilai dari kelas eksperimen sebesar 1,911 lebih kecil dari nilai yang bernilai 2,14479 untuk taraf kesalahan 0,05, sedangkan di kelas kontrol mendapat nilai sebesar 2,347 lebih besar dari nilai yaitu 2,14479. Berdasarkan hasil uji t yang didapat, kelas kontrol beserta kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai, namun di kelas eksperimen tidak secara signifikan. Berbeda dengan kelas kontrol, nilai yang didapat oleh siswa mengalami kenaikan yang signifikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9472 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|