Evaluasi User Experience Pada Gim Clash of Clans Menggunakan Metode UX Curve
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi User Experience Pada Gim Clash of Clans Menggunakan Metode UX Curve |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Prasetyo, Ari Bayu Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Wardhono, Wibisono Sukmo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Clash of Clans adalah game dengan genre strategi yang diciptakan oleh perusahaan game terkenal dunia asal Finladia dan berdiri bulan agustus 2012. Game ini diprakarsai oleh CEO game yaitu Ikka Paananen. Pada awalnya game ini hanya rilis untuk telepon pintar yaitu iOS saja, tahun berikutnya versi android rilis. Terdapat 5 bagian dari metode UX Curve yang digunakan sebagai parameter pertanyaan kepada pengguna game yaitu, General UX, Attractiveness, Ease-of-use, Utility dan terakhir Degree-of-usage. Setelah dilakukan proses kategori dapat dijabarkan menjadi tiga kategori yaitu Improving, Deteriorating, dan Stable. Hasilnya adalah 65 kurva kategori Improving, 9 kurva kategori Deteriorating yang terakhir 26 kurva kategori Stable. Ada aspek lain selain penggambaran kurva, responden diintruksikan untuk membuat alasan pengalamannya menggunakan aplikasi dan dikategorikan menjadi alasan positif dan alasan negatif. Pada aspek General UX rerata alasan yaitu 3.5, Attractiveness rerata alasan yaitu 2.9, Ease-of-use rerata alasan yaitu 2.9, Utility rerata alasan yaitu 2.7, Degree-of-usage rerata alasan yaitu 3.1. Dapat disimpulkan bahwa pengguna dari game Clash of Clans sebagian besar menggunakan game dalam keseharian pada kehidupannya sebagai hiburan dan berkumpul secara online dan bermain bersama. Serta responden apabila teman berencana untuk memakai game ini kedepannya mereka antusias untuk melakukan rekomendasi penggunaan dari game Clash of Clans ini.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9361 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|