Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi ONLINE RSAM Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Anwar Medika Sidoarjo
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi ONLINE RSAM Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Anwar Medika Sidoarjo |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ramadhan, Dhuha Rizky Rokhmawati, Retno Indah Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu instansi pelayanan dalam bidang kesehatan yang memiliki 17 poliklinik pelayanan kesehatan dan memiliki 22 poli spesialis penyakit. Jumlah total pasien yang terdapat di Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo sebanyak kurang lebih 15.000 serta memiliki tenaga dokter sebanyak 49 orang. Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo mengembangkan fasilitas informasi rumah sakit dan memiliki fitur utama booking antrian rawat jalan dalam sebuah aplikasi mobile bernama Online RSAM (Online Rumah Sakit Anwar Medika) yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan pelayanan Rumah Sakit Anwar Medika. Namun dalam penggunaannya ditemukan beberpa masalah terkait usability aplikasi yang diji melalui usability testing metrik effectiveness. Efficiency dan satisfaction dengan System usability scale(SUS). Evaluasi pertama ditemukan 6 permasalahan terkait 5 skenario tugas yang diberikan, tahap selanjutnya dilakukan perbaikan antarmuka aplikasi sesuai permasalahan yang didapatkan berdasarkan tingkah laku responden, wawancara dan guidelines. Tahap selanjutnya dilakukan evaluasi kedua berdasarkan rekomendasi antarmuka yang sudah dibuat lalu membandingkan hasil evaluasi kedua dengan evaluasi pertama. Hasil evaluasi kedua berdasarkan rekomendasi perbaikan antarmuka aplikasi dapat meingkatkan matrik effectiveness menjadi 100% dari yang sebelumnya 96%, metrik efficiency meningkat dari 0,06 goal/s menjadi 0,08 goal/s dan metric satisfaction terjadi peningkatan kepuasan pengguna berdasarkan skor SUS dari 66 menjadi 79 sehingga berada pada posisi “acceptable†berdasarkan segi acceptability ranges.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9324 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|