Record Details

Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi ONLINE RSAM Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Anwar Medika Sidoarjo

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi ONLINE RSAM Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Anwar Medika Sidoarjo
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ramadhan, Dhuha Rizky
Rokhmawati, Retno Indah
Priharsari, Diah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu instansi pelayanan dalam bidang kesehatan yang memiliki 17 poliklinik pelayanan kesehatan dan memiliki 22 poli spesialis penyakit. Jumlah total pasien yang terdapat di Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo sebanyak kurang lebih 15.000 serta memiliki tenaga dokter sebanyak 49 orang. Rumah sakit Anwar Medika Kabupaten Sidoarjo mengembangkan fasilitas informasi rumah sakit dan memiliki fitur utama booking antrian rawat jalan dalam sebuah aplikasi mobile bernama Online RSAM (Online Rumah Sakit Anwar Medika) yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan pelayanan Rumah Sakit Anwar Medika. Namun dalam penggunaannya ditemukan beberpa masalah terkait usability aplikasi yang diji melalui usability testing metrik effectiveness. Efficiency dan satisfaction dengan System usability scale(SUS). Evaluasi pertama ditemukan 6 permasalahan terkait 5 skenario tugas yang diberikan, tahap selanjutnya dilakukan perbaikan antarmuka aplikasi sesuai permasalahan yang didapatkan berdasarkan tingkah laku responden, wawancara dan guidelines. Tahap selanjutnya dilakukan evaluasi kedua berdasarkan rekomendasi antarmuka yang sudah dibuat lalu membandingkan hasil evaluasi kedua dengan evaluasi pertama. Hasil evaluasi kedua berdasarkan rekomendasi perbaikan antarmuka aplikasi dapat meingkatkan matrik effectiveness menjadi 100% dari yang sebelumnya 96%, metrik efficiency meningkat dari 0,06 goal/s menjadi 0,08 goal/s dan metric satisfaction terjadi peningkatan kepuasan pengguna berdasarkan skor SUS dari 66 menjadi 79 sehingga berada pada posisi “acceptable” berdasarkan segi acceptability ranges.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9324
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com