Record Details

Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Naharu, Ahmad Fadli
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Akbar, Muhammad Aminul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Gim Hack and Slash adalah game yang mana pemain berperan sebagai karakter yang mengalahkan musuh dengan menggunakan senjata jarak dekat. Musuh dalam gim dengan genre ini biasanya adalah Non-Player Character (NPC), yaitu karakter yang bukan pemain, dengan kata lain karakter yang dikontrol oleh mesin. Oleh karena itu NPC menjadi hal penting dalam pengembangan gim dengan genre ini. Pada penelitian ini dibuat tiga NPC yaitu NPC1, NPC2 dan NPC3. Ketiga NPC tersebut dapat menggambil keputusan pada apa yang akan dilakukan terhadap pemain. Pengambilan keputusan ketiga NPC tersebut diimplementasikan menggunakan metode Hirarchical Finite State Machine menggunakan game engine Unity. Kemudian ketiga NPC tersebut diuji menggunakan metode Test Flow Diagram (TFD) dan pengujian Frame Per Second (FPS). pada pengujian TFD, gim berjalan sesuai dengan yang diharapkan sesuai dengan alur yang dibangkitkan dari TFD. Sedangan pengujian FPS dalam sistem ini, gim berjalan dengan fps di atas 60 hingga 200 NPC pada NPC3 dan NPC2. Sedangkan pada NPC1 gim berjalan dengan fps diatas 60 hingga 250 NPC.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8748
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 3 (2021): Maret 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com