Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Naharu, Ahmad Fadli Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Akbar, Muhammad Aminul Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Gim Hack and Slash adalah game yang mana pemain berperan sebagai karakter yang mengalahkan musuh dengan menggunakan senjata jarak dekat. Musuh dalam gim dengan genre ini biasanya adalah Non-Player Character (NPC), yaitu karakter yang bukan pemain, dengan kata lain karakter yang dikontrol oleh mesin. Oleh karena itu NPC menjadi hal penting dalam pengembangan gim dengan genre ini. Pada penelitian ini dibuat tiga NPC yaitu NPC1, NPC2 dan NPC3. Ketiga NPC tersebut dapat menggambil keputusan pada apa yang akan dilakukan terhadap pemain. Pengambilan keputusan ketiga NPC tersebut diimplementasikan menggunakan metode Hirarchical Finite State Machine menggunakan game engine Unity. Kemudian ketiga NPC tersebut diuji menggunakan metode Test Flow Diagram (TFD) dan pengujian Frame Per Second (FPS). pada pengujian TFD, gim berjalan sesuai dengan yang diharapkan sesuai dengan alur yang dibangkitkan dari TFD. Sedangan pengujian FPS dalam sistem ini, gim berjalan dengan fps di atas 60 hingga 200 NPC pada NPC3 dan NPC2. Sedangkan pada NPC1 gim berjalan dengan fps diatas 60 hingga 250 NPC.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8748 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 3 (2021): Maret 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|