Analisis Segmentasi Pelanggan Kartu Prabayar Kabupaten Malang dengan RFM Model Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering (Studi Kasus : PT. XYZ)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Segmentasi Pelanggan Kartu Prabayar Kabupaten Malang dengan RFM Model Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering (Studi Kasus : PT. XYZ) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ilham, Akbar Setiawan, Nanang Yudi Afirianto, Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
PT.XYZ merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi yang ada di Indonesia yang menyediakan jasa GSM (global system for mobile communication) prabayar. PT.XYZ berkomitmen untuk melayani seluruh kota hingga pelosok Indonesia tidak terkecuali Kabupaten Malang dengan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan sekaligus pemakaian layanan yang disediakan. Perusahaan yang memberikan pelayanan yang berbeda berdasarkan karakteristik atau perilaku setiap pelanggan dalam mengonsumsi suatu produk dapat membangun dan memperkuat hubungan pelanggan yang loyal dan tahan lama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data transaksi pelanggan PT.XYZ daerah operasional Kabupaten Malang dengan periode waktu 01 Januari 2019 - 31 Maret 2019 yang berjumlah 35.868 transaksi. Segmentasi pelanggan merupakan strategi untuk membagi pelanggan menjadi subkelompok yang berbeda, bermakna, dan homogen sesuai dengan karakteristiknya. Tujuan utama segmentasi pelanggan adalah untuk memahami basis pelanggan dan mendapatkan wawasan pelanggan yang akan memungkinkan desain dan pengembangan strategi pemasaran yang berbeda. Karakteristik pelanggan dapat dilihat melalui pemodelan data transaksi pelanggan menggunakan model RFM (recency, frequency, dan monetary) yaitu rentang waktu transaksi terakhir (recency), jumlah transaksi (frequency), dan uang yang dikeluarkan (monetary). Fuzzy C-Means Clustering dapat menjadi salah satu pilihan dalam menyelesaikan masalah segmentasi pelanggan. Metode Elbow digunakan untuk menunjang proses clustering dengan menentukan jumlah cluster dalam penerapan Fuzzy C-Means Clustering. Modified Partition Coefficient (MPC) dan Euclidean Distance (EU) adalah metode validasi yang digunakan untuk menilai ketepatan hasil cluster berdasarkan letak data ke titik pusat terdekat. Pada penelitian ini clustering dengan 2 cluster adalah hasil terbaik. Hasil segmentasi pelanggan divisualisasikan menjadi halaman dashboard yang terdiri dari gabungan tabel, diagram, dan grafik yang saling berintegrasi dan memuat informasi yang dibutuhkan perusahaan. Hasil visualisasi dashboard diuji oleh pengguna untuk memperoleh tingkat keberterimaan pengguna terhadap dengan menggunakan analisis System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian dashboard menujukan nilai rata-rata yaitu 80 yang termasuk dalam kategori acceptable.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7680 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|