Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Kolaborasi Kerja berbasis Mobile (Studi Kasus : Debox Indonesia)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Kolaborasi Kerja berbasis Mobile (Studi Kasus : Debox Indonesia) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hendrawan, Arif Santoso, Nurudin Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Proyek merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan produk ataupun layanan. Dalam pengerjaan proyek dibutuhkan suatu proses manajemen untuk mengatur jalannya proyek. Pada proyek perangkat lunak terdapat beberapa metodologi manajemen proyek, salah satunya adalah Agile Project Management (APM) dengan kerangka kerja Scrum. Metodologi ini cocok digunakan pada lingkungan proyek yang bersifat dinamis karena memiliki adaptabilitas yang tinggi dalam menerima perubahan. Perusahaan Debox Indonesia yang bergerak pada bidang pengembangan perangkat lunak juga menerapkan metode tersebut untuk mengatur jalannya proyek. Banyaknya proyek yang diterima membuat perusahaan ini seringkali kesulitan dalam hal pengelolaan karena dalam proses pengelolaan hanya menggunakan aplikasi Spreadsheet. Hal ini memungkinkan informasi proyek yang dikelola beserta pelaporan menjadi tidak akurat. Pada penelitian ini akan mengimplementasikan sebuah sistem berbasis mobile guna melakukan manajemen proyek berdasarkan metodologi Agile Project Management dengan kerangka kerja Scrum dan juga dapat melakukan scrumming proyek, pelaporan, dan kolaborasi antar karyawan. Sistem dibangun berdasarkan pemodelan waterfall dan dikembangkan menggunakan framework front-end React Native dengan Bahasa pemrograman Javascript dan menggunakan GraphQL sebagai middleware. Implementasi sistem menghasilkan sistem informasi yang memudahkan proses manajemen proyek karena setiap kegiatan tercatat dalam sistem. Hasil dari penelitian ini membuahkan kebutuhan fungsional sejumlah 67 dan kebutuhan non fungsional sejumlah 1. Pada tahapan pengujian, sistem ini berhasil diuji dan mendapatkan hasil sesuai harapan, pada tahap uji mobile compatibility dapat dijalankan pada 6 perangkat yang berbeda.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7438 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|