Record Details

Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Website pada Mata Pelajaran Adobe Photoshop untuk Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 4 Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Website pada Mata Pelajaran Adobe Photoshop untuk Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 4 Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fikri, Moh. Septian Al
Rokhmawati, Retno Indah
Wijoyo, Satrio Hadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Terdapat beberapa jurusan di SMK Negeri 4 Malang, contohnya Multimedia. Ketika pembelajaran peserta didik tidak diberikan media pembelajaran selain power point, karena pembimbing melakukan metode ceramah memakai media berupa PowerPoint. Solusi yang bisa dipakai untuk menangani permasalahan adalah membangun media pembelajaran Multimedia Interaktif. Melalui Multimedia Interaktif dapat memotivasi dan menarik perhatian pesertas didik tentang materi yang disampaikan .Pengembangan Multimedia Interaktif dapat dilakukan menggunakan software Notepad++ sebagai text editor dan Adobe Premiere Pro 2017 untuk mengedit video materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengamati, tanya jawab dengan pembimbing, kuisioner dan pemberian tes. Hasil kuisioner uji validasi ahli materi dan ahli media adalah bahwa media pembelajaran yang dirancang berupa Multimedia Interaktif telah valid dan layak dipakai untuk proses pembelajaran dengan persentase rata-rata dari ahli materi dan pembelajaran sebesar 93,3% untuk aspek materi, dan 87,5% untuk aspek pembelajaran. Yang berarti media pembelajaran sangat baik. Persentase uji validasi ahli media yaitu sebesar.62,2% dimana media telah baik. Hasil pre-test yang dilaksanakan oleh 36 peserta didik rata-rata sebesar 76,27 dan rata-rata post-test sebesar 83,3. Hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sebesar 0,000. Hasil pre-test dan post-test siswa juga memberikan kenaikan nilai yang signifikan. Bisa disimpulkan Multimedia Interaktif efektif digunakan untuk proses pembelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7236
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com