Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIP Adminduk dan Pencapil Kabupaten Jember dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIP Adminduk dan Pencapil Kabupaten Jember dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Tawakal, Muhamad Iqbal Rokhmawati, Retno Indah Hanggara, Buce Trias Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember mengembangkan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disebut aplikasi SIP untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jember terkait urusan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Meski aplikasi SIP telah digunakan oleh masyarakat Jember, penggunanya masih menemukan permasalahan terkait antarmuka yang kurang intuitif, membingungkan, dan performa yang tidak maksimal. Penelitian ini menerapkan pendekatan Human-Centered Design (HCD) sebagai metode pengembangan solusi desain dan usability testing sebagai metode evaluasi antarmuka dan pengalaman pengguna. Evaluasi antarmuka pengguna dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada antarmuka pengguna sebelum perbaikan dan sesudah perbaikan. Evaluasi pertama dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan dan untuk memvalidasi permasalahan. Dalam evaluasi pertama yang diikuti oleh lima partisipan dihasilkan nilai rata-rata efektivitas sebesar 83,33%, nilai rata-rata efisiensi sebesar 0,0128 goals/detik dan 83,24%, dan nilai kepuasan pengguna berdasarkan rata-rata skor SUS sebesar 65,00 (tingkat C) dan skor SEQ berkisar antara 3,6 hingga 6,2. Selanjutnya, perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan tujuan menyelesaikan permasalahan pengguna dan meningkatkan aspek-aspek usability. Dalam evaluasi perbaikan antarmuka pengguna yang diikuti oleh 10 orang yang terbagi atas dua kelompok persona, nilai efektivitas meningkat menjadi 98,00%, peningkatan efisiensi menjadi 0,0310 goals/detik dan 97,23%, dan peningkatan kepuasan pengguna menjadi 82,08 atau dengan tingkat A pada skor SUS dan skor SEQ berkisar antara 5,9 hingga 6,8.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7231 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|