Record Details

Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIP Adminduk dan Pencapil Kabupaten Jember dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIP Adminduk dan Pencapil Kabupaten Jember dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Tawakal, Muhamad Iqbal
Rokhmawati, Retno Indah
Hanggara, Buce Trias
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember mengembangkan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disebut aplikasi SIP untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jember terkait urusan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Meski aplikasi SIP telah digunakan oleh masyarakat Jember, penggunanya masih menemukan permasalahan terkait antarmuka yang kurang intuitif, membingungkan, dan performa yang tidak maksimal. Penelitian ini menerapkan pendekatan Human-Centered Design (HCD) sebagai metode pengembangan solusi desain dan usability testing sebagai metode evaluasi antarmuka dan pengalaman pengguna. Evaluasi antarmuka pengguna dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada antarmuka pengguna sebelum perbaikan dan sesudah perbaikan. Evaluasi pertama dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan dan untuk memvalidasi permasalahan. Dalam evaluasi pertama yang diikuti oleh lima partisipan dihasilkan nilai rata-rata efektivitas sebesar 83,33%, nilai rata-rata efisiensi sebesar 0,0128 goals/detik dan 83,24%, dan nilai kepuasan pengguna berdasarkan rata-rata skor SUS sebesar 65,00 (tingkat C) dan skor SEQ berkisar antara 3,6 hingga 6,2. Selanjutnya, perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan tujuan menyelesaikan permasalahan pengguna dan meningkatkan aspek-aspek usability. Dalam evaluasi perbaikan antarmuka pengguna yang diikuti oleh 10 orang yang terbagi atas dua kelompok persona, nilai efektivitas meningkat menjadi 98,00%, peningkatan efisiensi menjadi 0,0310 goals/detik dan 97,23%, dan peningkatan kepuasan pengguna menjadi 82,08 atau dengan tingkat A pada skor SUS dan skor SEQ berkisar antara 5,9 hingga 6,8.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7231
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com