Record Details

Evaluasi dan Perancangan User Experience menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Dunia Games

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi dan Perancangan User Experience menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Dunia Games
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hasna, Rindhi Nisrina
Tolle, Herman
Wijoyo, Satrio Hadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dunia Games merupakan suatu portal berita yang didirikan oleh PT. Telekomunikasi Selular sebagai media penyedia informasi terbaru untuk video game, industri gaming, e-Sport dan teknologi. Namun pada aplikasi Dunia Games masih terdapat permasalahan seperti tampilan yang kurang baik dan journey yang rumit sehingga membuat pengguna merasa kesulitan dalam mencari informasi ataupun mencapai tujuannya. Dari permasalahan yang ada pada aplikasi Dunia Games sehingga diperlukan evaluasi dan perbaikan desain dan journey yang kemungkinan akan mempersulit pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan usability dan merancang user experience dari aplikasi Dunia Games. Identifikasi masalah dilakukan dengan melakukan evaluasi menggunakan metode heuristic evaluation yang akan dilakukan oleh evaluator. Setelah permasalahan diidentifikasi pada evaluasi tahap pertama selanjutnya akan dilakukan perancangan user experience menggunakan metode Human Centered Design. Perancangan user experience didasarkan oleh analisis kualitatif yang berisi permintaan dari stakeholder dan temuan masalah yang dilakukan pada evaluasi tahap pertama. Terdapat 27 temuan masalah yang ditemukan pada evaluasi tahap pertama seperti journey yang rumit dan tidak adanya fungsi bantuan dalam menggunakan aplikasi Dunia Games. Pada evaluasi tahap kedua temuan masalah yang ditemukan lebih sedikit dibandingkan dengan temuan masalah yang terdapat pasa evaluasi tahap pertama. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi dan analisis permasalahan usability beserta rekomendasi rancangan berupa high-fidelity prototype sebagai solusi perbaikan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7226
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com