Record Details

Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sistem Monitoring Pelanggan PT. PLN (PERSERO) Area Malang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sistem Monitoring Pelanggan PT. PLN (PERSERO) Area Malang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation
 
Added Entry - Uncontrolled Name Raziqi, Nizham Media
Rokhmawati, Retno Indah
Perdanakusuma, Andi Reza
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Aplikasi Simpel Arema (Sistem Monitoring Pelanggan Area Malang) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh PT. PLN (Persero) Area Malang. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor data pelanggan PT. PLN (Persero) di Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil wawancara pada Supervisor Perencanaan Sistem didapatkan permasalahan antarmuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga belum pernah dievaluasi sebelumnya karena masih dalam pengembangan. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi pada aplikasi Simpel Arema khususnya pada aspek usability. Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode Cognitive Walkhthrough dan Heuristic Evaluation, dimana evaluasi dilakukan oleh 3 orang subject matter expert yaitu para pegawai PLN Area Malang dan 3 usability expert. Evaluasi Cognitive Walkthrough menghasilkan pada tahap mana permasalahan usability ditemukan pada Simpel Arema. Sedangkan Heuristic Evaluation menghasilkan permasalahan berdasarkan 10 prinsip heuristic dan tingkat keparahannya. Setelah dilakukan evaluasi, terdapat total 99 permasalahan ditemukan dalam Cognitive Walkthrough di mana 80% permasalahan juga ditemukan pada Heuristic Evaluation. Sedangkan Heuristic Evaluation menemukan 17 permasalahan dengan heuristic dengan permasalahan terbanyak adalah H-8 (Aestetic and minimalist design) dengan 23% dari seluruh permasalahan Heuristic Evaluation. Berdasarkan hasil evaluasi, diberikan 19 rekomendasi perbaikan yaitu 17 perbaikan antarmuka dan 2 perbaikan sistem. Berdasarkan rekomendasi perbaikan antarmuka dibuatlah prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema. Kemudian dilakukan validasi pada prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui apakah perbaikan antarmuka Simpel Arema sudah tepat. Berdasarkan hasil validasi didapatkan hasil skor SUS dengan nilai 83,3 dan mendapat tingkat Acceptability Ranges pada kategori Acceptable, Grade Scale pada kategori B, Adjective pada kategori Excellent, dan Percentile Rank pada 80 - 90%.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5700
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 7 (2019): Juli 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com