Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan E-Toll Card Menggunakan Consumption Value Model (Studi Pada Pengguna Tol Surabaya-Gempol)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan E-Toll Card Menggunakan Consumption Value Model (Studi Pada Pengguna Tol Surabaya-Gempol) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Puspitasari, Karita Mursityo, Yusi Tyroni Rachmadi, Aditya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Penggunaan E-Toll Card merupakan kebijakan baru yang diberikan oleh pemerintah sebagai alat pembayaran penggunaan jalan tol. Meskipun penggunaan E-Toll Card diketahui dapat memangkas lebih dari setengah waktu transaksi, namun masih belum dapat diketahui secara pasti faktor apa yang paling berpengaruh. Mengetahui faktor yang paling maka dengan mudah mengetahui faktor yang perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui value terhadap penggunaan E-Toll Card pada 5 variabel yaitu functional values, emotional values, epistemic values, conditional values dan social values dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Hasil menunjukkan bahwa variabel functional values berpengaruh, responden setuju E-Toll Card dinilai menjadi solusi yang tepat dalam menangani masalah kemacetan yang diakibatkan oleh antrean pembayaran tol, dan hasil dari layanan pembayaran yang diberikan oleh E-Toll Card seperti yang diharapkan oleh responden tidak terjadi error. Variabel epistemic values berpengaruh, responden setuju layanan pembayaran penggunaan jalan tol dengan menggunakan E-Toll Card merupakan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya dan mudah untuk membeli E-Toll Card karena sudah tersedia pada beberapa bank yang ada di Indonesia. Variabel social values berpengaruh, responden setuju kebutuhannya dapat terpenuhi dengan menggunakan E-Toll Card dan menggunakan E-Toll Card karena ingin menunjukkan kesan baik kepada orang lain dalam menaati peraturan. Sedangkan variabel emotional values dan conditional values tidak berpengaruh pada minat pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5434 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 5 (2019): Mei 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|