Pengembangan Aplikasi Geotagging Pemetaan Sungai Dengan Pendekatan Gamification
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi Geotagging Pemetaan Sungai Dengan Pendekatan Gamification |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Baskara, Abu Hasan Tolle, Herman Kharisma, Agi Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Kebanyakan sungai yang berada di Indonesia memiliki kualitas air yang buruk karena adanya pencemaran, penataan yang buruk dan sedikitnya habitat hewan di sekitar sungai. Hal tersebut juga memiliki kesamaan pada salah satu sungai yang berada di Jepang bernama Iwamoto. Akan tetapi kini masalah tersebut telah terselesaikan karena adanya peran teknologi yang bernama aplikasi “Clear Water Projectâ€. Aplikasi tersebut digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang kondisi sungai yang didapatkan dari proses geotagging dan membantu menumbuhkan kesadaran tentang kondisi sungai yang buruk. Sehingga pengguna kemudian melakukan pelestarian lingkungan pada sungai tersebut. Karena di Indonesia memiliki permasalahan yang sama maka dapat menggunakan solusi yang sama untuk memecahkan masalah tersebut dengan mengembangkan aplikasi “Geotagging Pemetaan Sungaiâ€. Pengembangan aplikasi disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Informasi tentang kondisi sungai supaya akurat maka digunakan sensor Global Positioning System (GPS) dan Kamera. Fitur gamification ditambahkan untuk membuat pengguna ingin terus menggunakan aplikasi maka perlu adanya pendekatan gamification. Pada pengujian usability berdasarkan usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction mencapai 85,906%, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Geotagging Pemetaan Sungai†relatif mudah digunakan oleh pengguna untuk memberikan informasi tentang kondisi sungai menggunakan pendekatan gamification.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4356 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 2 (2019): Februari 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2018 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|