Record Details

Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation
 
Added Entry - Uncontrolled Name Dewi, Iunike Kartika
Mursityo, Yusi Tyroni
Putri, Rekyan Regasari Mardi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perdana Group sebagai penyedia jasa layanan taksi meluncurkan aplikasi mobile pemesanan taksi online untuk mengimbangi persaingan dalam usaha layanan transportasi. Aplikasi Perdana Taxi muncul dengan antarmuka bagi pengguna taksi maupun driver taksi, diharapkan mempermudah proses pemesanan taksi. Namun kegunaan kedua antarmuka aplikasi ini belum terukur. Oleh karena itu dipelukan evaluasi usability untuk mengukur kegunaan aplikasi serta menemukan apabila terdapat permasalahan usability pada aplikasi. Metode WEBUSE digunakan untuk mengukur seberapa baik level usability aplikasi dimata pengguna dan menggali adakah kesulitan yang dialami pengguna dengan pengujian dengan skenario tugas dan kuesioner yang merangkum empat variabel usability. Untuk mengetahui masalah-masalah usability yang dialami pengguna dilakukan analisis berdasarkan hasil pengujian dengan skenario dan kuesioner. Evaluasi heuristik juga digunakan untuk mendukung pengujian WEBUSE dalam menggali kesalahan usability dalam aplikasi dengan menggunakan heuristik Nielsen yang dilakukan oleh evaluator terpilih. Hasil evaluasi menunjukkan secara keseluruhan kedua antarmuka aplikasi memiliki level usability “GOOD” namun didapati masalah usability terkait konten, tombol dan navigasi pada aplikasi. Selain itu juga terdapat pelanggaran prinsip heuristik pada kedua aplikasi yang paling berkaitan dengan pencegahan error. Masalah usability yang ditemukan pada kedua evaluasi kemudian diberikan rekomendasi perbaikan untuk memperbaiki dan meningkatkan level usability.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1770
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 2 No 8 (2018): Agustus 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2017 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com