PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA
Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi (ACARYA PUSTAKA)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA
PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA |
|
Creator |
sugata, i Gede ngurah
|
|
Subject |
perpustakaan sekolah
karakter anak kecerdasan spiritual |
|
Description |
Keberadaan perpustakaan sekolah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam peningkatan proses belajar mengajar di sekolah. Ketersediaan koleksi diperpustakaan sekolah harus memenuhi ketiga unsur kecerdasan yang ada pada anak, Yaitu kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dalam hal ini untuk menundukung fungsi tersebut maka sudah selayaknya koleksi yang ada dapat diseimbangkan anatar koleksi yang menunjang peningkatan prestasi akademik seperti buku-buku pelajaran yang mendukung proses belajar mengajar dan koleksi yang dapat meningkatkan pengetahuan rohani seperti buku yoga, meditasi, panduan sembahyang dan buku-buku spiritual lainnya.Di masa seperti sekarang ini, agar anak dapat memiliki kepekaan batin terhadap diri sendiri dan tentunya juga orang lain, kecerdasan spiritual perlu dikembangkan sejak dini. Kecerdasan spiritual akan membuat si Anak lebih mampu mengenali kekurangan dan kelebihan dirinya. Hal ini akan membantunya mengatasi persoalan, dengan cara menggunakan pengalamannya untuk menerapkan nilai-nilai yang ia yakini. Ini juga akan membantu anak menjauhi hal buruk dalam masyarakat. Kata-kata kunci : perpustakaan sekolah, karakter anak, kecerdasan spiritual Keberadaan perpustakaan sekolah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam peningkatan proses belajar mengajar di sekolah. Ketersediaan koleksi diperpustakaan sekolah harus memenuhi ketiga unsur kecerdasan yang ada pada anak, Yaitu kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dalam hal ini untuk menundukung fungsi tersebut maka sudah selayaknya koleksi yang ada dapat diseimbangkan anatar koleksi yang menunjang peningkatan prestasi akademik seperti buku-buku pelajaran yang mendukung proses belajar mengajar dan koleksi yang dapat meningkatkan pengetahuan rohani seperti buku yoga, meditasi, panduan sembahyang dan buku-buku spiritual lainnya.Di masa seperti sekarang ini, agar anak dapat memiliki kepekaan batin terhadap diri sendiri dan tentunya juga orang lain, kecerdasan spiritual perlu dikembangkan sejak dini. Kecerdasan spiritual akan membuat si Anak lebih mampu mengenali kekurangan dan kelebihan dirinya. Hal ini akan membantunya mengatasi persoalan, dengan cara menggunakan pengalamannya untuk menerapkan nilai-nilai yang ia yakini. Ini juga akan membantu anak menjauhi hal buruk dalam masyarakat. Kata-kata kunci : perpustakaan sekolah, karakter anak, kecerdasan spiritual |
|
Publisher |
Universitas Pendidikan Ganesha
|
|
Date |
2022-08-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/45513
|
|
Source |
ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi; Vol. 8 No. 2 (2021)
ACARYA PUSTAKA; Vol 8 No 2 (2021) 2443-0293 2442-4366 10.23887/ap.v8i2 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 i Gede ngurah sugata
|
|