SOFT SKILL PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Journal of Documentation and Information Science
View Archive InfoField | Value | |
Title |
SOFT SKILL PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
|
|
Creator |
Ariani, Nur Indah
|
|
Subject |
Soft Skill
Interpersonal Skill Intrapersonal Skill Library Services |
|
Description |
Penelitian ini berjudul “Soft Skill Pustakawan untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan soft skill yang baik bagi pustakawan dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan soft skill pustakawan dalam layanan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan kategori studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian terhadap soft skill pustakawan yang berada di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang dapat diketahui bahwa pustakawan dapat memberikan pelayanan yang cukup baik bagi pemustaka dengan kemampuan soft skill pemustaka, baik interpersonal skill dan intrapersonal skill sehingga memberikan kepuasan terhadap pemustaka dan memenuhi harapan bagi pemustaka.
|
|
Publisher |
Association of Indonesian Library and Information Professionals
|
|
Date |
2020-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Identifier |
https://jodis.id/index.php/jodis/article/view/198
|
|
Source |
Journal of Documentation and Information Science; Vol. 4 No. 2 (2020): September
2502-6003 10.33505/jodis.v4i2 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal of Documentation and Information Science
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|