Record Details

Identifikasi Peran Subject Specialist pada Perpustakaan Perguruan Tinggi: Sebuah Systematic Literature Review

Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Identifikasi Peran Subject Specialist pada Perpustakaan Perguruan Tinggi: Sebuah Systematic Literature Review
 
Creator Kristin, Virginia Emmanuela
Irhandayaningsih, Ana
 
Subject subject specialist; layanan spesialisasi; perpustakaan perguruan tinggi
 
Description Hingga saat ini ini, peran subject specialist di ranah perpustakaan akademik masih belum terlihat dan tidak jelas. Hal tersebut rupanya juga menjadi perdebatan di berbagai penelitian. Subject specialist sendiri merupakan ahli informasi yang bertugas untuk memberikan pendampingan dan layanan informasi terkait spesialisasi tertentu untuk keperluan informasi sebuah instansi, komunitas, maupun individu.  Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi peran subject specialist pada perpustakaan perguruan tinggi. Metode systematic literature review dengan pendekatan kualitatif berfungsi untuk menangkap dan menemukan jawaban mengenai peran subject specialist di lingkungan perguruan tinggi secara komprehensif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis meta-agregasi. Meta-agregasi adalah sebuah teknik analisis yang menekankan pada hasil-hasil penelitian relevan yang disusun dalam bentuk ringkasan. Melalui penyaringan yang terstruktur, artikel jurnal yang menjadi subyek penelitian berjumlah 11 artikel. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah disajikan di atas, peran subject specialist pada setiap perguruan tinggi rupanya berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi. Namun beberapa kesamaan peran yang paling sering ditemui dalam penelitian ini adalah layanan referensi subject khusus maupun umum, layanan asistensi penelitian, dan layanan pendidikan pemakai. Subject specialist membutuhkan banyak perubahan, terutama dalam organisasi struktur, sistem pengangkatan, dan program pendidikan dan pelatihan. Tentunya hal ini harus mendapat perhatian dari banyak pihak.  
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2023-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/14470
10.14710/anuva.7.2.313-324
 
Source Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 7, No 2 (2023): Juni; 313-324
2598-3040
 
Language eng
 
Relation https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/14470/9196
 
Rights Copyright (c) 2023 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com