Record Details

Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang

AL-MAKTABAH

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang
 
Creator Zulfitri, Zulfitri
 
Subject literasi informasi; mahasiswa; pendidikan pemakai perpustakaan
 
Description Literasi informasi maksudnya kelancaran menelusur informasi dan penguasaan teknologi informasi dalam menelusur informasi sesuai kebutuhan, hal ini sangat penting untuk keberhasilan pendidikan tinggi dan belajar seumur hidup. Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang perlu dikenalkan dan selanjutnya ditekankan punya keahlian literasi informasi sejak dini, terutama terhadap penelusuran sumber kajian Islam. Tujuan literasi informasi ini agar mahasiswa mampu menafsirkan informasi sebagai pengguna informasi dan menjadi penghasil informasi bagi dirinya sendiri. Penelitian ini memakai metode kombinasi (mixed methods), yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Analisis deksriptif dari beberapa indikator adalah menunjukkan secara umum bahwa pentingnya peningkatan literasi informasi melalui kegiatan layanan pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN IB Padang Dari penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang masih kebingungan dalam menelusur informasi, terutama yang berbahasa Arab, walau kegiatan literasi informasi sudah dicanangkan oleh UPT Perpustakaan pada dosen, mahasiswa dan pustakawan. Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan dukungan dan perhatian yang serius dari pimpinan, dosen dan bagian-bagian terkait, baik sektor peralatan, keuangan, koleksi yang digunakan bahkan fasilitas tenaga yang profesional serta waktu yang cukup.
 
Publisher Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
 
Contributor
 
Date 2023-02-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/30757
10.15408/almaktabah.v21i1.30757
 
Source Al Maktabah; Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah; 1-14
0125-9334
 
Language eng
 
Relation https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/30757/11742
 
Rights Copyright (c) 2023 Al Maktabah
 


www.freevisitorcounters.com