Record Details

UPAYA REVITALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI EVALUASI LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH/ MADRASAH DAN KOLEKSI KITAB ISLAM DI PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH DENGAN METODE LIBQUAL+™

Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA REVITALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI EVALUASI LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH/ MADRASAH DAN KOLEKSI KITAB ISLAM DI PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH DENGAN METODE LIBQUAL+™
 
Creator Ramadhan, Imam Ali
Kurnianingsih, Indah
Purnamawati, Febriana
 
Description Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar mengajar yang penting dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah. Keberadaan jasa layanan  perpustakaan sekolah dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh sivitas akademik di sekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yaitu Affect of Service (kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani pengguna), Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat), Personal Control (petunjuk dan sarana akses), dan Information Access (akses informasi). Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum kualitas layanan perpustakaan memuaskan dengan Adequacy Gap menunjukan hasil positif yaitu 1.7 yang berarti pemustaka cukup puas dengan layanan yang diberikan perpustakaan. Dan hasil Superiority Gap menunjukan hasil negatif yaitu -1.2 yang berarti kualitas layanan yang diberikan perpustakaan dalam batas toleransi. Sedangkan untuk evaluasi layanan koleksi kitab Islam, keberagaman koleksi memerlukan perhatian khusus, karena sekitar 79% responden menganggap jika perpustakan Asshiddiqiyah kurang memiliki keberagaman koleksi.
 
Publisher Universitas Yarsi
 
Contributor
 
Date 2018-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/bibliotech/article/view/929
10.33476/bibliotech.v3i1.929
 
Source Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi; Vol 3, No 1 (2018)
2685-4791
2477-2720
10.33476/bibliotech.v3i1
 
Language ind
 
Relation https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/bibliotech/article/view/929/577
 
Rights Copyright (c) 2018 Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com