Record Details

Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi

Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi
 
Creator Husna, Putri Nabila
Jumino, Jumino
 
Subject association of college and research libraries; indeks prestasi kumulatif; kemampuan literasi informasi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap kemampuan literasi informasi. Teori yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi informasi adalah standar literasi informasi ACRL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif dengan path analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2018 dengan sampel sebesar 90 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengaruh berdasarkan  indikator menentukan sifat dan cakupan informasi yang dibutuhkan memperoleh mean tertinggi sebesar 4,22 dan dalam kategori sangat berpengaruh, indikator mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien memperoleh mean tertinggi sebesar 4,07 dan dalam kategori berpengaruh, indikator memberikan evaluasi terhadap informasi dan sumber-sumbernya secara kritis memperoleh mean tertinggi sebesar 4,23 dan dalam kategori sangat berpengaruh, indikator menggunakan informasi untuk menyelesaikan tujuan tertentu memperoleh mean tertinggi sebesar 4,02 dan dalam kategori berpengaruh, indikator mengetahui aspek ekonomi, hukum, dan sosial yang bersangkutan dengan penggunaan informasi memperoleh mean tertinggi sebesar 4,21 dan dalam kategori sangat berpengaruh. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa indeks prestasi kumulatif mahasiswa memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi informasi.
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2022-11-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/14981
10.14710/anuva.6.4.465-478
 
Source Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 6, No 4 (2022): Desember; 465-478
2598-3040
 
Language eng
 
Relation https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/14981/8200
 
Rights Copyright (c) 2022 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com