Record Details

Srategi The Boston Consulting Group Untuk Memastikan Kesinambungan Produk PT Gudang Garam Tbk Kediri

Wacana Journal of Social and Humanity Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Srategi The Boston Consulting Group Untuk Memastikan Kesinambungan Produk PT Gudang Garam Tbk Kediri
 
Creator Poniran, Poniran
 
Subject
 
Description Lingkungan bisnis saat ini meningkat secara kompetitif, setiap perusahaan dituntut untuk memiliki kekuatan untuk bersaing di perdagangan global. PT Gudang Garam sebagai pasar dalam industri tembakau, untuk mempertahankan kondisi ini harus pandai dalam menentukan kebijakan manajemen . Alternatifnya adalah dengan menggunakan Strategi Analisis The Boston Consulting Group, sebuah analisis untuk mengukur pertumbuhan dan  pasar untuk produk SBU. Dengan analisis ini akan diketahui strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai keunggulan biaya serta bagaimana menentukan investasi yang tepat. Hal ini dapat dilihat dari analisis posisi kekuatan dan daya tarik perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini fokus untuk mempelajari (a) Produksi (b) penjualan (c) daya tarik industri (d) posisi kompetitif (e) atribut produk perusahaan (f)pajak/cukai. Penelitian ini dilakukan di perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk . Kediri alamat dengan : Jl . Semampir II / I Semampir Kediri - Indonesia Tel : 0354-682091-7 , fax: 0354-681555. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Gudang Garam adalah pimpinan pasar di posisi pangsa pasar tinggi BCG, GE - Mc. Kinsey, menang / kuat pada SKM dan SKT, SKL pada Mean Business, posisi PLC yang menurun untuk SKM, SKT dan SKL sekarang ini. Dengan kondisi seperti ini, penulis memberikan saran untuk perlunya perusahaan melakukan kegiatan yang spesifik, meliputi: (1) memastikan kesetimbangan portofolio melalui peluncuran produk baru yang menarik dan diharapkan mempunyai prospek bagus dalam jangka panjang, mengingat pada umumnya mengalami pengurangan produksi, dan peningkatan pajak, (2) berdasar portofolio produk PT Gudang Garam Tbk sebagian besar mempunyai posisi yang kuat, hal ini menunjukkan keberhasilan iklan produk dalam pandangan konsumen. Meskipun demikian PT Gudang Garam Tbk harus melakukan riset pasar untuk menentukan perubahan yang terjadi di pasar, (3) memaksimalkan pangsa pasar secara keseluruhan produk dengan mencari pelanggan dan daerah pemasaran baru. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya produk/industri baru, (4) perlu untuk dilakukan perluasan pemasaran keluar (eksport) dalam mensikapi penurunan konsumen dan peningkatan cukai. Dengan cara ini diharapkan perusahaan dapat memperahankan dan melindungi tingkat penjualan, pangsa pasar, kesetimbangan keuntungan. Selain itu manajemen jangka panjang juga perlu dikembangkan, sehingga perusahaan tetap stabil dalam industri rokok nasional. Kata kunci: BCG, GE-Mc. Kinsey, keberkelanjutan, produk, PLC, SKT, SKM, SKL
 
Publisher Pascasarjana Universitas Brawijaya
 
Contributor
 
Date 2013-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/268
 
Source Wacana Journal of Social and Humanity Studies; Vol 16, No 1 (2013); 1-14
2338-1884
1411-0199
 
Language eng
 
Relation https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/268/226
 


www.freevisitorcounters.com