Record Details

FAKTOR PSIKOLOGIS, LINGKUNGAN DAN BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN SEPEDA MOTOR Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Bebek 4-tak Merk Suzuki dan Honda di Kota Banjarmasin

Wacana Journal of Social and Humanity Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title FAKTOR PSIKOLOGIS, LINGKUNGAN DAN BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN SEPEDA MOTOR Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Bebek 4-tak Merk Suzuki dan Honda di Kota Banjarmasin
 
Creator Rahmanie, Taufiq Adi
Rochman, Fatchur -
Thoyib, Armanu -
 
Description ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor psikologis, lingkungan dan bauran pemasaran yang mempengaruhi pembelian sepeda motor bebek 4-tak merk Suzuki dan Honda di Kota Banjarmasin, dan untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non random sampling dengan motode convenience sampling, dengan jumlah sampel 706 responden (355 konsumen Suzuki dan  351 konsumen Honda). Tingkat signifikansi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 5%. Sebanyak 49 item dalam daftar pertanyaan yang diuraikan dalam 12 variabel dalam faktor psikologis, lingkungan dan bauran pemasaran. Pengujian terhadap semua instrumen penelitian menunjukkan tingkat reliabilitas dan validitas yang tinggi. Hasil penelitian ini semua variabel bebas yaitu persepsi (X1), sikap (X2), gaya hidup (X3), kepribadian (X4), budaya (X5), kelas sosial (X6), kelompok referensi (X7), situasi penentu (X8), produk (X9), harga (X10), promosi (X11) dan distribusi (X12) mempunyai korelasi yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor bebek 4-tak merk Suzuki dan Honda. Diantara keduabelas variabel tersebut, variabel persepsi (X1), sikap (X2), gaya hidup (X3), kelompok referensi (X7), situasi penentu (X8) dan produk (X9) berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pembelian sepeda motor bebek 4-tak merk Suzuki dan Honda di Kota Banjarmasin. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.591 menunjukkan kontribusi variabel-variabel independen untuk menjelaskan variabel dependen sebesar 59.1%. Sedangkan variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah sikap sebesar 39.6%.   Kata kunci: pemasaran, bauran, psikologis ABSTRACT This research has been done to know psychological, environmental, marketing mix to influence 4 stroke bebek motorcycle (Honda and Suzuki) buying in Banjarmasin, and also to know the dominant variable on buying decision. This research has been done in Banjarmasin. Writer uses non random sampling technique with convenience sampling method.  The total samples are 706 respondents (355 Suzuki consumers and 351 Honda consumers).  A standard significant level in this research is 5%.  All 12 variables of psychological, environmental, and marketing mix factors are being asked into 49 question items. The test of all instruments research show the reliability and validity levels are high. The results of this research are all free variables, that are perception (XI), attitude (X2), life style (X3), personality (X4), culture (X5), social class (X6), reference group (X7)situational determinants (X8), product (X9), price (X10), promotion (X11), and distribution (X12), have a significant correlation to buying decision of Suzuki and Honda 4-stroke bebek motorcycle.  Among 12 variables, perception variable (X1), attitude (X2), life style (X3), referent group (X7), situational determinants (X8), and product (X9) are really influence to buying decision of 4-stroke Bebek Motorcycle (Suzuki and Honda) in Banjarmasin.  Determination coefficient (R2) is 0.591, it shows the contribution of independent variables to explain the dependent variable, that is 59.1%. While the most dominant variable to influence the research is the Attitude (X2), that is 39.6%.   Keywords: marketing mix, attitude, personality , price
 
Publisher Pascasarjana Universitas Brawijaya
 
Contributor
 
Date 2012-05-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/172
 
Source Wacana Journal of Social and Humanity Studies; Vol 13, No 2 (2010); pp.301-313
2338-1884
1411-0199
 
Language eng
 
Relation https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/172/149
 


www.freevisitorcounters.com