Record Details

Strategi Pembinaan Sekolah Adiwiyata di Kota Batu

Wacana Journal of Social and Humanity Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Pembinaan Sekolah Adiwiyata di Kota Batu
 
Creator Juliari, Ratna Dwi Utami
Amin, Mohamad
Yanuwiyadi, Bagyo
 
Subject Adiwiyata; Strategi Pembinaan; Kota Batu
 
Description Program adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, menanamkan pendidikan dan cinta lingkungan. Kota Batu telah mengikuti program adiwiyata sejak tahun 2008 dan telah mendapatkan penghargaan adiwiyata bagi 15 sekolah dari 147 sekolah yang ada di Kota Batu. Berdasarkan kondisi tersebut, dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana ketercapaian indikator penilaian adiwiyata dalam pengelolaan sekolah adiwiyata di Kota Batu (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat?, (3) Bagaimana merumuskan strategi pembinaan sekolah adiwiyata di Kota Batu? Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan tersebut dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis IFAS-EFAS. Kesimpulan analisis sebagai berikut : (1) aspek partisipatif adalah aspek yang paling lemah pada sekolah adiwiyata nasional, provinsi dan kota. (2) penilaian faktor internal dan eksternal, menunjukkan bahwa sekolah adiwiyata mandiri dan nasional memiliki kekuatan dan peluang yang paling tinggi dibandingkan adiwiyata provinsi dan kota. Posisi adiwiyata mandiri dan nasional pada kuadran I (1,35 ; 0,8), adiwiyata provinsi dan kota pada kuadran II (1,35 ; -0,15) dan (0,2 ; -0,95). (3) strategi prioritas adiwiyata mandiri: strategi keberlanjutan, adiwiyata nasional: strategi pengembangan, adiwiyata provinsi: strategi pertumbuhan dan adiwiyata kota: strategi perencanaan.
 
Publisher Pascasarjana Universitas Brawijaya
 
Contributor
 
Date 2015-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/457
10.21776/ub.wacana.2015.018.04.4
 
Source Wacana Journal of Social and Humanity Studies; Vol 18, No 4 (2015)
2338-1884
1411-0199
 
Language eng
 
Relation https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/457/315
 
Rights Copyright (c) 2017 WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora
 


www.freevisitorcounters.com