Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking
 
Added Entry - Uncontrolled Name Muhammad, Fadhil Arif
Kharisma, Agi Putra
Sianturi, Riswan Septriayadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pandemi covid-19 merupakan wabah yang tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik, namun juga kondisi mentalitas seseorang. Pada mahasiswa khususnya, pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap akselerasi mahasiswa dalam mengalami quarter-life crisis sehingga mahasiswa menjadi cemas, insecure, dan stres. Maka dari itu peneliti melakukan perancangan user experience aplikasi mobile untuk membantu masyarakat khususnya mahasiswa dengan rentang umur 18-25 tahun untuk meredam stres yang dialami dengan berkonsultasi kepada ahli secara daring maupun luring. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah design thinking karena metode ini berfokus pada pengalaman pengguna sehingga cocok untuk aplikasi konsultasi kesehatan mental. Untuk validasi, dilaksanakan pengujian usability kepada 10 responden dengan mendapatkan nilai aspek efektivitas success rate sebesar 90,5%, aspek efisiensi dengan menggunakan perhitungan Time Based Effieciency sebesar 0,078 goals/detik, serta aspek kepuasan dengan mendapatkan skor sebesar 83,25 yang termasuk nilai B, peringkat Excellent, dengan kategori acceptable. Selanjutnya, dilakukan juga pengujian pengalaman pengguna kepada 20 responden dengan menggunakan perangkat kuesioner user experience questionnaire (UEQ) dengan hasil aspek attractiveness sebesar 2.16, aspek perspicuity sebesar 2.06, aspek efficiency sebesar 2.28, aspek dependability sebesar 2.15, aspek stimulation sebesar 2.08, dan aspek novelty sebesar 1.43. Lalu hasil pengujian tersebut menjadi landasan peneliti untuk melakukan perbaikan antarmuka sesuai dengan feedback yang diberikan oleh responden.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11280
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com