Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Toko Air Minum menggunakan Metode Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus: Toko Berkat di Cibubur)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Toko Air Minum menggunakan Metode Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus: Toko Berkat di Cibubur)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Tjokro, Reynard Euginio
Kharisma, Agi Putra
Sianturi, Riswan Septriayadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Aplikasi Toko Air Minum adalah aplikasi yang dirancang untuk mempermudah pemilik toko dalam memberikan pelayanan yang baik serta mempermudah customer dalam dalam melakukan transaksi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat rancangan pengalaman pengguna yang baik untuk penggunanya. Metode yang digunakan dalam membuat rancangan ini adalah metode HCD (Human-Centered Design) yang memiliki memiliki 3 tahapan utama, yaitu inspiration, ideation, dan implementation. Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan usability testing dan pengisian User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 2 pengguna aplikasi. Hasil pengujian untuk aplikasi pemilik menunjukkan bahwa rancangan yang dibuat mendapatkan nilai efektivitas sebesar 92.5%, nilai efisiensi sebesar 0.12 goals/detik, dan nilai kepuasan pengguna sebesar 82.5. Sedangkan untuk aplikasi customer menunjukkan nilai efektivitas sebesar 90.18%, nilai efisiensi sebesar 0.216 goals/detik, dan nilai kepuasan pengguna sebesar 81.43. Kemudian dari hasil UEQ pada aplikasi pemilik memiliki nilai excellent pada aspek attractiveness, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty serta memiliki nilai good pada aspek perspicuity. Sedangkan pada aplikasi customer memiliki nilai good pada aspek attractiveness, efficiency, dan dependability serta memiliki nilai above average pada aspek perspicuity, stimulation, dan novelty. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa desain solusi dapat diterima dengan nilai usability yang baik dan pengalaman pengguna yang positif karena memiliki nilai yang tiap aspeknya diatas rata-rata.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11279
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com