Record Details

Perbandingan Aspek Motivasi Belajar, Literasi Terhadap Teknologi, dan Kolaborasi Siswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pembelajaran Dalam Jaringan pada Mata Pelajaran Pemrograman di SMKN 12 Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbandingan Aspek Motivasi Belajar, Literasi Terhadap Teknologi, dan Kolaborasi Siswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pembelajaran Dalam Jaringan pada Mata Pelajaran Pemrograman di SMKN 12 Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Putra, Afrizal Aldiansyah
Herlambang, Admaja Dwi
Amalia, Faizatul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pembelajaran merupakan aktivitas utama dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Karena saat ini proses belajar mengajar dilakukan di rumah (daring), keberhasilan belajar mengajar dapat terganggu, terutama terkait aspek motivasi belajar, literasi teknologi, dan juga kolaborasi antar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan aspek motivasi belajar, literasi teknologi, dan kolaborasi siswa ketika mereka masih melakukan pembelajaran tatap muka, dibandingkan dengan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wawancara dengan siswa dan guru berkaitan dengan ketiga aspek tersebut. Kemudian teknik analisis menggunakan metode Miles dan Huberman, yakni melakukan pengumpulan data, reduksi data hasil penelitian, dan melakukan penyajian data. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, ada beberapa kata kunci yang terungkap dalam survei tersebut. Ini termasuk masalah jaringan serta kuota internet yang terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa di SMK Negeri 12 Malang merasa cenderung kurang termotivasi untuk menghadiri dan menyelesaikan tugas dibandingkan dengan bersekolah. Dalam hal literasi teknologi, sebagian besar siswa mengakui bahwa mereka tahu tentang aplikasi pembelajaran hanya ketika pembelajaran jarak jauh berlangsung, dan beberapa siswa mengalami kesulitan menggunakannya. Dalam hal kolaborasi siswa, sebagian besar siswa mengakui bahwa sulit untuk berkomunikasi dengan siswa lain.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11083
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com