Record Details

Pengaruh Atensi Pendidik dalam Penguasaan TI dari IPTEK Pendidik dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional selama Pandemi di SMKN 11 Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengaruh Atensi Pendidik dalam Penguasaan TI dari IPTEK Pendidik dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional selama Pandemi di SMKN 11 Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Kurniawan, Dimas Ferry
Wijoyo, Satrio Hadi
Rachmadi, Aditya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pandemi Covid-19 yang menyebabkan pengaruh dalam pendidikan di indonesia. Pendidik dalam memenuhi kewajiban dimasa pandemi harus memberikan ilmu pada peserta didik secara daring. Perkembangan teknologi semakin maju terutama di bidang pendidikan. Selama pandemi pendidik mampu dalam memberikan pembelajaran secara daring, untuk kemampuan profesional mengenai teknologi informasi sangat dibutuhkan. Dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik harus mengikuti workshop ataupun seminar. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui atensi pendidik dalam penguasaan TI selama pandemi Covid-19. Penelitian kombinasi merupakan campuran dari kedua metode yaitu kuantitatif dan kualitatif. Untuk subjek penelitian yang digunakan yaitu semua pendidik di SMKN 11 Malang dengan jumlah populasi dan sampel 86 responden dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil Uji t untuk variabel IPTEK berpengaruh terhadap kompetensi profesional, variabel lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional pendidik. Kemudian untuk uji F variabel IPTEK dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap kompetensi profesional. Nilai R square untuk variabel IPTEK pendidik berpengaruh sebanyak 25,1% terhadap kompetensi profesional, kemudian untuk variabel lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 41,1% terhadap kompetensi profesional. Adapun jika kedua variabel tersebut yaitu variabel IPTEK dan lingkungan sekolah pengaruh secara simultan sebanyak 45,2%. Kemudian selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk hasil dari angket juga didukung dengan wawancara kepada 8 orang pendidik yang mengatakan penguasaan TI dapat kelihatan dari variabel IPTEK dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional. Oleh krena itu, hasil dari wawancara diperkuat dari hasil angket dan diperluas dengan memberikan faktor lain yang berimbas pada penguasaan TI pendidik di SMKN 11 Malang.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11425
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com