Record Details

Evaluasi User Experience Gim Valorant menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough pada Pengguna Baru

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User Experience Gim Valorant menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough pada Pengguna Baru
 
Added Entry - Uncontrolled Name Diass, Ezar Chrisdinan
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Valorant merupakan sebuah gim bebasis tim yang berjenis FPS (First-Person Shooter) yang dirilis oleh Riot Games pada 2 Juni 2020. Valorant sangat populer pada platform Twitch. User experience sangat penting pada sebuah gim. Gim yang memiliki user expereience yang baik akan lebih mudah diterima oleh pengguna dan dapat bersaing di pasaran. Gim perlu dievaluasi agar dapat memiliki user experience yang baik. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi user experience dimana responden diminta untuk mengerjakan tugas berbasis skenario yang telah dipersiapkan oleh evaluator dengan teknik coba-coba. Responden diberikan 2 jenis pertanyaan untuk menemukan masalah usability pada antarmuka gim. Responden pada penelitian ini berjumlah 5 orang yang belum pernah memainkan gim Valorant. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum antarmuka pada gim valorant sudah sangat baik. Masalah yang ditemukan paling banyak terjadi hanya pada tingkat keparahan 3 dan 4 sehingga termasuk ringan dan mudah diatasi. Masalah yang paling banyak muncul diakibatkan oleh kurangnya pengalaman pengguna dalam memainkan gim valorant (User). Masalah utama yang muncul dan perlu diperbaiki pada gim valorant terletak pada tugas nomor 2: play tutorial. Responden kesulitan menemukan petunjuk fungsi karena petunjuk yang diberikan kurang memberikan informasi yang dibutuhkan (Hidden). Responden juga kesulitan mengartikan antarmuka karena kekurangan pada desain seperti ukuran teks terlalu kecil dan tombol pengaturan yang terlalu kecil, serta penempatan yang membingungkan (Text and Icon).
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11367
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com