Perancangan User Experience Website Marketplace dan Pemetaan Hasil Pertanian menggunakan Metode Five Planes
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Website Marketplace dan Pemetaan Hasil Pertanian menggunakan Metode Five Planes |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Maggenta, Mahatva Zenggi Sianturi, Riswan Septriayadi Kharisma, Agi Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Petani seringkali mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil pertaniannya. Disamping pasar yang kecil, permainan tengkulak menjadi musuh terbesar bagi para petani. Sehingga dalam aktivitas jual beli, petani menerima hasil penjualan jauh dari keuntungan yang sebenarnya. Solusi dari permasalahan tersebut, peneliti memberikan sebuah solusi yang ditawarkan yaitu sebuah platform website Mepisar.id. Melalui website tersebut nantinya dapat memuat informasi-informasi mengenai edukasi dan pantauan harga, pemetaan hasil komoditi pada suatu wilayah. Metode five planes metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuannya dapat menciptakan rancangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi yang dilakukan mendapatkan nilai usability yang baik. Nilai usability yang didapat diantaranya aspek efektivitas dari sisi pengguna mendapatkan nilai sebesar 88%, dan dari sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 89%. Kemudian Aspek efisiensi dari sisi pengguna mendapatkan nilai sebesar 0,105 goals/sec, dan dari sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 0,094 goals/sec. Untuk aspek kepuasan dengan menggunakan system usability scale (SUS) dari sisi pengguna mendapatkan nilai 91,5 dan sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 85 dengan grade A, adjective excellent, acceptable, dan promoter. Hasil UEQ pada aspek attractiveness mendapat nilai 2,85. Aspek perspicuity mendapat nilai 2,88. Aspek efficiency mendapat nilai 2,85. Aspek Dependability mendapat nilai 2,90. Aspek stimulation mendapat nilai 2,83 dan aspek novelty mendapat nilai 2,58 yang dikonversikan ke dalam skala benchmark masuk ke dalam kategori excellent.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11349 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|