Record Details

Implementasi Gamifikasi dengan Animasi Lottie pada Aplikasi Media Belajar IPA SMPN 1 Sumberrejo

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Gamifikasi dengan Animasi Lottie pada Aplikasi Media Belajar IPA SMPN 1 Sumberrejo
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rosyid, Muhammad Farhan Abdur
Fanani, Lutfi
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. SMPN 1 Sumberrejo merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Platform media pembelajaran yang saat ini digunakan dinilai kurang efektif dalam mendukung proses belajar peserta didik yang berdampak pada menurunnya minat belajar siswa. Pengembangan aplikasi belajar dengan implementasi gamifikasi dan animasi Lottie dapat membantu proses belajar dengan metode daring yang diaplikasikan pada kelompok siswa SMPN 1 Sumberrejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengadopsi metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Konsep dan analisis kebutuhan dihasilkan dari proses penemuan kebutuhan yang melibatkan siswa secara langsung. Rancangan sistem diperoleh melalui interpretasi analisis kebutuhan yang dilakukan secara berulang hingga mendapatkan konsep yang sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Implementasi rancangan pada aplikasi belajar yang dilakukan dalam 2 bagian, yaitu tahap user design yang memungkinkan terjadinya perubahan dan tahap finalisasi untuk mengoptimalkan algoritma dan penulisan kode. Pengujian yang pertama adalah pengujian black-box untuk memastikan fungsional sistem berjalan sesuai dengan rancangan, yang mendapatkan hasil 100%. Pengujian kedua merupakan pengujian safety-runtime yang membuktikan bahwa aplikasi tidak terjadi force-close saat dijalankan. Pengujian usabilitas mendapatkan nilai learnability sebesar 100%, efficiency sebesar 0,0478 goal/sec, dan error sebesar 0 atau tanpa error. Pengujian dengan pendekatan SUS untuk mendapatkan nilai satisfaction mendapatkan hasil 93,4 dengan kriteria A (90-100). Pengujian partisipasi pengguna menghasilkan 81% siswa mengerjakan penugasan tepat waktu yang meningkat dari sebelumnya sebesar 53% dengan korelasi peningkatan hasil belajar siswa yang didapatkan dari rata-rata nilai sebesar 68,8 yang sebelumnya sebesar 62,9.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11078
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com