Perancangan User Experience Prototype Aplikasi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Didepan Umum
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Prototype Aplikasi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Didepan Umum |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Yahya, Fasya Dewi, Ratih Kartika Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Mahasiswa pada perannya seringkali diharuskan untuk dapat berbicara didepan umum, seperti melakukan presentasi didepan kelas atau juga mendapatkan kesempatan untuk dapat menjadi pembawa suatu acara yang dihadiri oleh banyak orang. Tidak sedikit mahasiswa yang timbul gejala cemas saat akan berbicara didepan umum karena mereka takut ditertawakan orang lain, takut merubah pemikiran orang lain terhadap dirinya atau juga karena memiliki pengalaman yang memalukan saat akan berbicara didepan umum. Oleh sebab itu, peneliti merancang sebuah aplikasi yang bertujuan agar dapat membantu para pemilik kecemasan berbicara didepan umum agar dapat mengurangi gejala rasa cemas yang dialami dengan memberikan rekomendasi terapi pernafasan dan progresif yang dapat dilakukan dimana saja. Pada perancangan ini menggunakan metode pendekatan Human-Centered Design agar dapat menciptakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada tahapan pengujian, dilakukan pengujian usability kepada 5 partisipan dengan hasil aspek efektivitas sebesar 88,50%, aspek efisiensi dengan menggunakan perhitungan Time-Based Efficiency sebesar 0,061 goals/detik, dan kepuasan pengguna dengan kuesioner SUS sebesar 81,80 dengan grade A kategori excellent dan acceptable. Selain itu, dilakukan pengujian user experience menggunakan UEQ dengan hasil aspek aspek attractiveness sebesar 2.16, aspek perspicuity sebesar 2.10, aspek efficiency sebesar 2.28, aspek dependability sebesar 2.15, aspek stimulation sebesar 2.39, dan aspek novelty sebesar 2.10.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11044 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|