Record Details

PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT
 
Creator Apriyani, Endang
Darmastuti, Rini
 
Description Public Relations mempunyai peran yang sangat besar dalam membangun iklim komunikasi suatu organisasi. Tidak terkecuali dengan di PT Pegadaian Kanwil XI Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Public Relations dalam membangun iklim komunikasi organisasi sebagai strategi dalam membangun kepercayaan masyarakat. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.  Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, iklim komunikasi dapat dibentuk melalui pemeliharaan hubungan dengan karyawan seperti menciptakan komunikasi yang efektif, nyaman dan menyenangkan di lingkungan perusahaan. Kedua, Strategi Public Relations untuk membangun iklim komunikasi organisasi yaitu dengan menciptakan komukasi yang santai, mengikuti trend yang ada seperti cara berpakaian, dan aktif menggunakan social media. Yang ketiga, Dalam membangun kepercayaan masyarakat pegadaian memberikan informasi terkini melalui pemberitaan di televisi, surat kabar, maupun berita online. Dengan adanya partsipasi dari anggota organisasi, serta strategi yang tepat dalam membangun kepercayaan masyarakat maka PT Pegadaian Kanwil XI Semarang akan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.Public Relations has a very large role in building the communication climate of an organization. This is no exception at PT Pegadaian Kanwil XI Semarang. The purpose of this study was to determine the role of Public Relations in building organizational communication climate as a strategy in building public trust. This paper is the result of research conducted using a qualitative approach with the type of case study research. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews and observation. The results of this study are first, a communication climate can be formed through maintaining relationships with employees such as creating effective, comfortable and pleasant communication in the company environment. Second, the Public Relations Strategy to build an organizational communication climate, namely by creating relaxed communication, following existing trends such as how to dress, and actively using social media. Third, in building public trust, pawnshops provide the latest information through news on television, newspapers, and online news. With the participation of organizational members, as well as the right strategy in building public trust, PT Pegadaian Kanwil XI Semarang will be able to achieve the expected goals.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
 
Date 2022-08-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/26298
10.52423/jikuho.v7i3.26298
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 7, No 3 (2022): Edisi Juli; 472-485
2527-9173
10.52423/jikuho.v7i3
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/26298/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Endang Apriyani
 


www.freevisitorcounters.com