Record Details

PROSES EMPLOYER BRANDING PT RUANG RAYA INDONESIA (RUANGGURU)

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROSES EMPLOYER BRANDING PT RUANG RAYA INDONESIA (RUANGGURU)
 
Creator Shabrina, Hecka Athaya
Hafiar, Hanny
Perbawasari, Susie
 
Description Awareness terhadap product brand dapat dikatakan sudah menjadikan perusahaan sebagai market leader, namun pelaksanaan employer branding baru dilakukan dan turnover rate yang tinggi. Melalui penelitian “Proses Employer Branding Ruangguru” dan metode penelitian deskriptif, peneliti fokus pada proses employer branding yang dilakukan oleh Ruangguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Employer Value Proposition yang dibangun oleh Ruangguru, (2) Bagaimana External Marketing of the Employer Brand yang dilakukan oleh Ruangguru, (3) Bagaimana Internal Marketing of the Employer Brand yang dilakukan oleh Ruangguru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini memiliki kesimpulan: (1) EVP Ruangguru berisikan budaya perusahaan “C.H.I.E.F” sebagai pedoman dasar karyawan berperilaku, management style demokratis dan terbuka, meningkatkan performa, penilaian performance review, serta impresi konsumen terhadap produk-produk Ruangguru, (2) Tahap external marketing dilakukan dengan online tools karena adanya pandemi dengan melaksanakan job fair, internship program, social media activation, careers website, recruitment advertising dan campaign guna menarik calon potensial karyawan dan mempersempit kesenjangan ekspektasi mereka sebelum bergabung, (3) Tahap internal marketing yang dilakukan melalui kegiatan learning development, pemberian rewards, serta internalisasi nilai “C.H.I.E.F” kepada karyawan guna meningkatkan employee engagement serta psychological contract terhadap perusahaan.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2022-08-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/26214
10.52423/jikuho.v7i3.26214
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 7, No 3 (2022): Edisi Juli; 530-558
2527-9173
10.52423/jikuho.v7i3
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/26214/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Hecka Athaya Shabrina, Hanny Hafiar, Susie Perbawasari
 


www.freevisitorcounters.com