Record Details

PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS ASBHOEL DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS ASBHOEL DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE
 
Creator Muslimin, Fauzy Akmal
Hafiar, Hanny
Prastowo, Ari Agung
 
Description Fenomena kebutuhan masyarakat akan pakaian terus mengalami tren yang positif. Masyarakat saat ini semakin konsumtif akan produk pakaian juga semakin fashionable. Semua berlomba-lomba menjadi yang paling mutakhir dalam hal berpenampilan. Asbhoel sebagai merek pakaian lokal tentu menangkap peluang perkembangan industri pakaian ini. Pasalnya pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi manusia. Sebagai merek lokal yang eksis melalui narasi “High- End Fashion Streetwear”, Asbhoel telah mengimplementasi berbagai praktik marketing public relations. Perusahaan mulai mengimplementasi penggunaan berbagai strategi untuk mengidentifikasi ulang customer segment berdasarkan psikografis, demografis dan geografis dan melakukan diversifikasi saluran media pemasaran. Oleh karena itu penelitian menitikberatkan fokus untuk menggambarkan proses pengimplementasian strategi marketing public relations oleh Asbhoel sesuai dengan 3 Ways Strategy (pull, push dan pass) yang dikemukakan oleh Thomas L. Harris. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme melalui pendekatan kualitatif dan metode deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menggambarkan pengimplementasian Asbhoel dalam melakukan strategi push, pull dan pass mereka dalam kegiatan MPR. Strategi push yang mereka lakukan meliputi narasi kualitas produk lokal berkualitas, sementara strategi pull mereka gunakan melalui taktik promosi media dan penggunaan brand ambassador. Untuk strategi pass Asbhoel melakukan melalui kampanye  pengurangan plastik untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap lingkungan. Namun Taktik 3 Ways Strategy yang dijalankan Asbhoel, nyatanya belum efektif dan optimal dalam mendukung tujuan Asbhoel untuk membangun brand image mereka.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2022-08-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/25213
10.52423/jikuho.v7i3.25213
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 7, No 3 (2022): Edisi Juli; 423-441
2527-9173
10.52423/jikuho.v7i3
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/25213/pdf
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/downloadSuppFile/25213/4714
 
Rights Copyright (c) 2022 Hanny Hafiar
 


www.freevisitorcounters.com