Screen and Pleasure: Mediatisasi Pemenuhan Kebutuhan Traveling Masyarakat Indonesia melalui Aplikasi Traveloka
IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Screen and Pleasure: Mediatisasi Pemenuhan Kebutuhan Traveling Masyarakat Indonesia melalui Aplikasi Traveloka
|
|
Creator |
Irsanti Widuri Asih
|
|
Subject |
mediatisasi
masyarakat konsumen spectacle traveloka |
|
Description |
Abstrak Pada masyarakat digital, pemanfaatan media baru dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses melalui gawai untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, semakin dominan. Fenomena semakin tingginya intervensi teknologi dalam aktivitas keseharian masyarakat dikenal melalui konsep mediatisasi. Pada satu sisi, mediatisasi membawa banyak keuntungan bagi masyarakat karena memberi cara baru memenuhi kebutuhan dengan kemudahan, kepraktisan, dan kenyamanan yang jauh lebih menyenangkan. Namun di sisi lain, ada ideologi yang dibawa oleh mediatisasi. Artikel ini menganalisis mediatisasi aplikasi Traveloka dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan melalui proses extension, substitution, amalgamation, dan accommodation. Selain itu, artikel ini juga mengungkap ideologi yang dibawa oleh aplikasi Traveloka. |
|
Publisher |
Universitas Terbuka
|
|
Date |
2022-06-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.ut.ac.id/index.php/ikomik/article/view/3424
10.33830/ikomik.v2i1.3424 |
|
Source |
IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol. 2 No. 1 (2022): June; 66-77
2798-9607 2807-1131 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.ut.ac.id/index.php/ikomik/article/view/3424/1130
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Irsanti Widuri Asih
|
|