PERSEPSI PEREMPUAN BEKERJA PADA IKLAN TEH SARIWANGI VERSI “MARI BICARA-TEMPAT FAVORIT” (STUDI WACANA GENDER PADA MEDIA IKLAN TELEVISI)
Metakom : Jurnal Kajian Komunikasi
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2443-3691 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PERSEPSI PEREMPUAN BEKERJA PADA IKLAN TEH SARIWANGI VERSI “MARI BICARA-TEMPAT FAVORIT” (STUDI WACANA GENDER PADA MEDIA IKLAN TELEVISI) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Riani, Yuyun Agus Alfira, Nisa Yulianti, Reny Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Terrepresentasi dalam iklan Sari Wangi versi “Mari Bicara-Tempat Favorit”, dimana perempuan menjadi inisiator penyelesaian sekaligus memerankan fungsi melayani. Disisi lain, iklan ini juga memvisualkan adanya perbedaan pemaknaan istilah “Tempat Favorit” antara laki-laki (tempat tidur) dan perempuan (restoran). Penelitian ini mengidentifikasi persepsi perempuan menikah bekerja tentang iklan teh Sariwangi “Mari bicara-Tempat Favorit” : a. Isi cerita iklan adalah karakter budaya keluarga Indonesia, b. Peran perempuan melayani suami sudah tepat, c. Perempuan harus proaktif dalam penyelesaian masalah keluarga karena laki laki kecenderungan membiarkan, d. Laki-laki mempersepsi hubungan suami istri adalah hubungan seks, sehingga kata favorit merujuk pada tempat tidur, sedangkan perempuan berpersepsi tempat favorit adalah tempat romantis (restoran untuk makan malam).
Kata Kunci : Gender dan media, persepsi , perempuan bekerja, iklan TV
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Metakom |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://komunikasi.fisip.unila.ac.id/jurnal/index.php/metakom/article/view/23 |
|
Data Source Entry |
Metakom; Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|