Record Details

MAKNA FILOSOFIS KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL COVID-19 PADA MUSIC VIDEO LIFE GOES ON ( KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES PIERCE)

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MAKNA FILOSOFIS KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL COVID-19 PADA MUSIC VIDEO LIFE GOES ON ( KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES PIERCE)
 
Creator Pramesthi, Jasmine Alya
 
Description Sejak pandemi COVID-19, banyak aktivitas yang biasanya dilakukan setiap hari harus dilakukan dari dalam rumah. Pengalaman itu diceritakan dalam video musik terbaru BTS bertajuk Life Goes On. BTS menceritakan bagaimana mereka merasakan perjuangan di tengah COVID-19 di mana mereka menunda hal-hal yang seharusnya mereka lakukan dengan karantina di rumah. Pesan yang ingin disampaikan BTS memiliki kaitan nyata dengan konstruksi realitas sosial yang digagas oleh Berger dan Luckmann. Untuk mengetahui makna realitas sosial COVID-19 yang dikonstruksi oleh video musik Life Goes On, peneliti melakukan analisis berikut dengan menggunakan metode semiotika. Tidak hanya sebatas melakukan analisis konstruksi realitas sosial, peneliti juga akan menganalisis bagaimana konstruksi realitas sosial ditinjau berdasarkan makna filosofis. Melalui video musik kehidupan terus berjalan, BTS sebagai musisi mengkonstruksi realitas tentang kehidupan normal tanpa pandemi COVID-19, hasil dari realitas subjektif dari proses internalisasi yang terjadi dan makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan konsep yang lebih luas dalam menjelaskan teori konstruksi realitas sosial. Kemudian sebagai acuan penelitian selanjutnya, peneliti selanjutnya dapat memperkaya metode penelitian yang digunakan berdasarkan teknik metodologi yang lebih luas.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2021-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/16950
10.52423/jikuho.v6i2.16950
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 6, No 2 (2021): Edisi April; 125-140
2527-9173
10.52423/jikuho.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/16950/11573
 
Rights Copyright (c) 2021 Jasmine Alya Pramesthi
 


www.freevisitorcounters.com