PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU SELFIE SISWA/SISWI SMK/SMA DI KOTA KENDARI
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU SELFIE SISWA/SISWI SMK/SMA DI KOTA KENDARI
|
|
Creator |
Saidin, Sabaruddin, Sumadi Dilla
|
|
Description |
ABSTRAKPersepsi Masyarakat Terhadap Perilaku Foto Selfie Siswa/Siswi SMK/SMA di Kota Kendari (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari)”. Sebuah penelitian mengenai perilaku foto selfie di kalangan siswa/siswi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskripif kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 10 orang yang berasal dari masyarakat Kelurahan Rahandouna yang diambil secara sengaja (purposive sampling). Dalam melakukan pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi (pengamatan dan wawancara). Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi masyarakat Kelurahan Rahandouna terhadap perilaku foto selfie siswa/siswi SMK/SMA di Kota Kendari, dapat dilihat dari 2 item yang dijadikan indikator yakni background dan gaya berfoto. Background atau latar belakang yang digunakan oleh siswa/siswi ketika melakukan foto selfie melahirkan persepsi yang berbeda-beda dari kalangan masyarakat yang menyaksikan. Ada yang menganggap bahwa kebiasaan itu merupakan bentuk aktualisasi diri siswa/siswi dan adapula yang menganggap bahwa hal itu merupakan hal yang wajar karena merupakan perilaku remaja saat ini. Sedangkan gaya berfoto gaya berfoto selfie pada siswa/siswi melahirkan persepsi yang positif maupun negatif. Dianggap kebiasaan yang positif sebenarnya hanya dirasakan oleh si pelaku selfie, namun bagi masyarakat yang menyaksikan kebiasaan itu tidak satupun yang menganggapnya positif. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi yakni pertama, latar belakang budaya yang cenderung masyarakat menilai perilaku selfie siswa/siswi dari indikator latar belakang budaya yang dimiliki, misalnya latar belakang keluarga yang disiplin. Kedua, pengalaman masa lalu yang cukup mempengaruhi masyarakat kelurahan Rahandouna dalam memberikan penilaian terkait dengan perilaku selfie siswa/siswi. Dan terakhir adalah faktor berita-berita yang berkembang atau seputar informasi mengenai perilaku selfie yang pada akhirnya mempengaruhi persepsi masyarakat kelurahan Rahandouna. Kata Kunci: Persepsi, Perilaku Selfie, Siswa/Siswi
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-09-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2703
10.52423/jikuho.v2i3.2703 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli
2527-9173 10.52423/jikuho.v2i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2703/2021
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|