MEDIA HUMAS DALAM MENJAGA CITRA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MEDIA HUMAS DALAM MENJAGA CITRA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROVINSI SULAWESI TENGGARA
|
|
Creator |
Marlina, Marlina
|
|
Description |
ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Media Humas dalam Menjaga Citra Kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana mengenai Media Humas dalam Menjaga Citra Kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara di kalangan bagi masyarakat/ pegawai di kantor BKD.Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara dengan jumlah Pegawai 133 orang. Informan penelitian sebanyak 7 orang yaitu : 1 orang Kepala Biro Humas, 4 orang staff karyawan bagian Kehumasan dan 2 orang masyarakat. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara teknik purposive sampling yaitu memilih secara sengaja dengan mempertimbangkan bahwa informan yang bersangkutan mengetahui dan memahami betul inti dari permasalahan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis proses komunikasi Linear.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media humas internal BKD Provinsi Sulawesi Tenggara menggunakan media langsung ( rapat formal) yaitu yang dilakukan saling bertatap – tatap muka dengan menyampaikan pesan-pesan atau ide gagasan pokok dari atasan (pengirim) sampai ke bawahan (penerima). Dan media tidak langsung menggunakan papan pengumuman yaitu pesan-pesan singkat yang akan diumumkan dan ditempel pada saat ada pengumuman penting. Sedangkan media eksternal kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara menggunakan media , internet/website dan pameran yang menjadi saluran untuk dilalui oleh informasi. Serta Menjaga Citra Kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara agar masyarakat maupun instasi lainnya tetap mempercayainya dengan mengoptimalkan kinerja dari humas dan kepuasan kinerja dalam melayani masyarakat. Pelayanan yang dimaksud disini orang yang berkepentingan didalamnya atau orang yang berurusan dikantor itu dan selalu memberikan informasi apabila ada perekrutan CPNS serta membangun hubungan keakraban kepada masyarakat. Kata kunci : Media Humas, Pencitraan
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-08-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1441
10.52423/jikuho.v1i2.1441 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 1, No 2 (2016)
2527-9173 10.52423/jikuho.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1441/1030
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|