Record Details

PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS LIBQUAL+TM DI PERPSUTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS LIBQUAL+TM DI PERPSUTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
 
Creator Sirdawati, Sirdawati
 
Description Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Halu Oleo berdasarkan analisis LibQual+TM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan berdasarkan metode LibQual+TM di Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Metode LibQual+TM digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Access (akses informasi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner.  Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka yang terdaftar menjadi anggota di Perpustakaan Universitas Halu Oleo dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling sebanyak 35 responden. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Adequacy Gap/kecukupan layanan positif 0.82 namun memiliki nilai Superiority Gap/keunggulan layanan negative -0.39 yang berarti belum memenuhi harapan maximum pemustaka. Dengan demikian persepsi pemustaka berada apada zona of tolerance/zona toleransi, sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Halu Oleo yang dirasakan pemustaka sudah tergolong baik artinya bahwa pemustaka sudah cukup puas dengan layanan yang diberikan di Perustakaan Univeristas Halu Oleo. Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Layanan, LibQual+TM
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2017-07-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2532
10.52423/jikuho.v2i2.2532
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 2 (2017): Edisi April
2527-9173
10.52423/jikuho.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2532/1880
 
Rights Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com