Record Details

MAKNA EMOTIKON DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PENGGUNA MEDIA SOSIAL LINE

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MAKNA EMOTIKON DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PENGGUNA MEDIA SOSIAL LINE
 
Creator Sakti, Gradiyanto Giovanni
 
Description Analisis penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce yang dikenal sebagai segitiga makna yakni tanda, objek dan interpretan. Dalam tahapan analisis data, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Filling System, dimana data hasil observasi akan dianalisis dengan membuat kategori-kategori tertentu atau domain-domain tertentu.Dari hasil penelitian yang didapatkan Sticker Emoticon LINE Messenger sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi bahwa LINE bisa dikatakan sebagai media komunikasi Antar Pribadi terfavorit di kalangan mahasiswa karena banyak fitur menarik yang tersedia. Tidak jarang mahasiswa yang menganggap aktivitas bersosial di aplikasi messenger seperti LINE merupakan gaya hidupnya. Aplikasi pesan instan ini layaknya candu yang membuat para mahasiswa ketagihan. Banyak pula mahasiswa yang menganggap aplikasi seperti LINE sebagai sahabatnya. Karena kebutuhan mereka tentang alat komunikasi yang cepat, praktis dan dapat dijangkau menjadi salah satu alasan mereka menggunakan aplikasi messenger seperti LINE. Selain yang utama ialah fitur-fitur stickernya yang menarik sehingga membuat LINE meningkat penggunaannya dikalangan mahasiswa.Setiap individu mahasiswa sebaiknya menjadi agen perkembangan arus informasi, misalnya mengsosialisaikan dampak-dampak positif penggunaan media informasi baru kepada masyarakat yang masih kurang paham dan tidak tahu perkembangan terbaru dunia teknologi dan informasi.Kata kunci : media sosial, LINE, Komunikasi Antar Pribadi
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2017-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1877
10.52423/jikuho.v2i1.1877
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari
2527-9173
10.52423/jikuho.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1877/1317
 
Rights Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com