STRATEGI KOMUNIKASI PT. DIGITAL CABLE VISION DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN TV KABEL DI KOTA KENDARI
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI KOMUNIKASI PT. DIGITAL CABLE VISION DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN TV KABEL DI KOTA KENDARI
|
|
Creator |
La Iba, Wa Ode Sitti Nurhaedar, La Ode Jumaidin,
|
|
Description |
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi PT. Digital Cable Vision dalam mempertahankan pelanggan TV kabel di Kota Kendari. Penelitian ini telah dilaksanakan di PT. Digital Cable Vision Kendari, Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Digital Cable Vision yang berjumlah 12 orang. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling (secara sengaja) yaitu informasi ditentukan berdasarkan tujuan dan kebutuhan peneliti, dengan pertimbangan bahwa mampu memberikan keterangan terhadap permasalahan yang diteliti. Dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT. Digital Cable Vision dalam mempertahankan pelanggan TV kabel di Kota Kendari. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Strategi Komunikasi PT. Digital Cable Vision dalam mempertahankan pelanggan TV kabel yakni Pull strategy, dimana PT. Digital Cable Vision mengupayakan meraih khalayak atau meningkatkan pelanggan dengan menggunakan media cetak berupa brosur. Kemudian Push strategy, strategi ini lebih terfokus kepihak internal, hal ini dilakukan dengan berusaha mendorong karyawannya untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan agar pelanggan yang ada tetap bertahan, dan yang terakhir Profile strategy, dalam hal ini PT. Digital Cable Vision melakukan pedekatan diri melalui interaksi dan mendengarkan keluhan pelanggan.Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Mempertahankan Pelanggan, TV Kabel
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-09-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2710
10.52423/jikuho.v2i3.2710 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli
2527-9173 10.52423/jikuho.v2i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2710/2028
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|