KOMUNIKASI PERSUASIF FUNDING OFFICER BANK DALAM MENSOSIALISASIKAN KARTU BRIZZI SEBAGAI E-MONEY BAGI MASYARAKAT (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kendari Samratulangi )
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KOMUNIKASI PERSUASIF FUNDING OFFICER BANK DALAM MENSOSIALISASIKAN KARTU BRIZZI SEBAGAI E-MONEY BAGI MASYARAKAT (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kendari Samratulangi )
|
|
Creator |
La Ode Jumaidin, Sarmini, Masrul,
|
|
Description |
ABSTRAKPermasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah komunikasi persuasif Funding Officer bank dalam mensosialisasikan kartu BRIZZI sebagai e-money bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi persuasif Funding Officer bank dalam mensosialisasikan kartu BRIZZI sebagai e-money bagi masyarakat.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kendari Samratulangi bertempat di Jalan Sam Ratulangi No. 146 Kendari, Sulawesi Tenggara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi dari Everett Rogers. Dalam penelitian ini informan berjumlah sebanyak 4 orang Funding. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan Funding Officer bank dalam mensosialisasikan kartu BRIZZI sebagai e-money yaitu dari 5 teknik yang dikemukakan oleh Effendy (2004) yang digunakan oleh Funding Officer bank hanya 4 teknik yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan, teknik ganjaran karena dengan menggunakan 4 teknik tersebut dapat mempermudah Funding Officer dalam mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan kartu BRIZZI ditandai dengan data yang diperoleh penulis dari Funding Officer Bank Rakyat Indonesia Cabang Kendari Samratulangi bahwa kartu yang dikeluarkan dan digunakan oleh masyarakat sejak 2014 hingga 2016 adalah sebanyak 2.000 kartu dan pada tahun 2017 sebanyak 2.000 kartu, jadi total kartu yang dikeluarkan adalah sebanyak 4.000 kartu, Funding Officer tidak menggunakan teknik Red-Herring karena dianggap dapat mengurangi kenyamanan nasabah atau masyarakat.Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Kartu BRIZZI, E-money
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-09-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2705
10.52423/jikuho.v2i3.2705 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli
2527-9173 10.52423/jikuho.v2i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2705/2023
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|