SISTEM PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PEMUSTAKA PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
SISTEM PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PEMUSTAKA PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA
|
|
Creator |
Hasrina, Hasrina
|
|
Description |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Pelayanan Perpustakaan Terhadap Pemustaka pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi TenggaraPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pelayanan Perpustakaan Terhadap Pemustaka Pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.Penelitian ini dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling sebanyak 6 orangĀ yaitu Kepala Badan Perpustakaan, Petugas Layanan Sirkulasi 1 orang,Petugas Layanan Referensi 1 orang, Petugas layanan Bebas Pustaka 1 orang, pemustaka 2 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Adapun alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan yang diterapkan diterapkan di Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Sultra berdasarkan Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang standar pelayanan perpustakaan umum yaitu pelayanan prima yang didalamnya dimuat pelayanan secara terarah, terpadu, dan akurat. Layanan perpustakaan yang ada di Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sultra sudah menggunakan layanan yang terotomasi serta sistem layanan sirkulasi adalah sistem terbuka dimana pemustaka bebas mencari bahan pustaka sendiri sesuai yang diinginkan/dibutuhkan pemustaka sedangkan layanan referensi sistem tertutup dimana pemustaka tidak bebas mencari bahan pustaka sendiri sesuai yang diinginkan/dibutuhkan pemustaka, bahan pustaka yang ada diruangan referensi tidak dapat dipinjam untuk dibawa pulang hanya dipinjam/dibaca ditempat saja atau difoto copy. Layanan bebas pustaka diberikan kepada setiap mahasisa dari perguruan tinggi yang akan menyelesaikan studinya yang akan datang dan tidak mempunyai tunggakan peminjaman buku di perpustakaan umu daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, bila mana ternyata ada tunggakannya maka yang bersangkutan harus menyelesaikanya terlebih dahulu baru dapat diberikan surat keterangan bebas pustakaKATA KUNCI: Sistem Layanan, Petugas perpustakaan, Pengunjung
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-02-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1882
10.52423/jikuho.v2i1.1882 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari
2527-9173 10.52423/jikuho.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1882/1323
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|