Record Details

PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAJER DAN KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAJER DAN KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA
 
Creator Pratiwi, Alni Wildayani
La Tarifu, La Tarifu
La Iba, La Iba
 
Description Tujuan penelitian ini adalah Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses komunikasi interpersonal manajer dan karyawan terhadap produktivitas kerja di Graha Pena Kendari Pos Kendari. Metode penelitian ini menggunakan teori simbol dan metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini yaitu manajer dan karyawan terhadap produktivitas kerja di Graha Pena Kendari Pos Kendari.. Adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknil purposive sampling. Sedangkan teknik pengunpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1). Penelitian yang peneliti lakukan membuktikan bahwa komunikasi interpersonal yang baik dan benar secara efektif dan efisien dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan Koran Harian Kendari Pos. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa keberhasilan perusahaan Koran Harian Kendari Pos yang sampai saat ini merupakan perusahaan media cetak terbesar dan terdepan di wilayah Sulawesi Tenggara berkaitan erat dengan komunikasi. Karena dengan komunikasi yang baik, kerja semakin produktif di dalam satu tim yaitu para manajer dan karyawan. (2) Proses komunikasi interpersonal manajer dan karyawan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja di perusahaan Koran Harian Kendari Pos telah berjalan efektif. (3) Peran pimpinan selaku direktur dan manajer yang selalu menanamkan kepada para karyawan untuk bekerja secara kekeluargaan. Oleh karena itu hal tersebut mendorong para karyawan dan manajer menjadi saling bersikap positif, saling menganggap rekan kerja baik manajer dan karyawan setara hanya berbeda di struktur perusahaan saja, saling terbuka, saling berempati dan saling bersikap mendukung. (4) Dengan menerapkan komunikasi interpersonal yang baik dan benar, efektif dan efisien sesuai dengan unsur-unsur komunikasi, hal ini berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kinerja karyawan, dikarena karyawan tidak pernah mengalami diskriminasi kerja dari manajer Koran Harian Kendari Pos. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, karyawan, produktivitas
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2020-08-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/13584
10.52423/jikuho.v5i3.13584
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 5, No 3 (2020): Edisi Juli; 213-221
2527-9173
10.52423/jikuho.v5i3
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/13584/9502
 
Rights Copyright (c) 2020 Alni Wildayani Pratiwi, La Tarifu La Tarifu, La Iba La Iba
 


www.freevisitorcounters.com