Record Details

UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
 
Creator Sasrimawati, Sasrimawati
 
Description ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Manfaat dalam penelitian ini dapat Secara Teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat  memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu perpustakaan, khususnya dalam bidang Jurusan Komunikasi Konsentrasi Ilmu Perpustakaan tentang Meningkatkan Mutu Pelayanan Di UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo.  Secara Praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi mahasiswa  untuk mengetahui Mutu  Pustakawan khususnya pada bidang pelayanan sirkulasi. dan Secara Metodologis, dapat menjadi kajian dalam rangka pengembangan riset dan sebagai bahan informasi bagi mereka yang akan melakukan penelitian sejenis dimasa yang akan datang.Yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang, dari jumlah keseluruhan pegawai UPT Perpustakaan UHO sebanyak 39 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Observasi, wawancara dan studi pustaka yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut di buktikan dengan hasil observasi lapangan dan di perkuat oleh hasil wawancara dengan informan yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan khususnya Pelayanan Sirkulasi yang terdapat pada perpustakaan tersebut, dimana terdapat jawaban yang positif dari kelima poin yang diteliti yaitu Komunikasi, melakukan pembenahan dan pengadaan buku dirak, memiliki fasilitas perpustakaan yang baik, melakukan stock opname koleksi bahan pustaka, serta melakukan promosi, Meskipun masih ada 1 (satu) poin yang menurut informan yang belum bisa diwujudkan dengan baik yaitu pada poin  Memiliki Fasilitas perpustakaan yang baik. Dimana pada UPT. Perpustakaan Universitas Halu Oleo itu sendiri masih belum memiliki fasilitas yang memadai guna menunjang informasi pemustakanya. Akan tetapi jika dilihat dari keseluruhan poin penelitian mengenai peningkatan mutu pelayanan dapat di kategorikan baik. Kata Kunci    : Mutu Layanan Perpustakaan
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2016-08-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1453
10.52423/jikuho.v1i2.1453
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 1, No 2 (2016)
2527-9173
10.52423/jikuho.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1453/1041
 
Rights Copyright (c) 2016 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com