UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
|
|
Creator |
Sasrimawati, Sasrimawati
|
|
Description |
ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Manfaat dalam penelitian ini dapat Secara Teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu perpustakaan, khususnya dalam bidang Jurusan Komunikasi Konsentrasi Ilmu Perpustakaan tentang Meningkatkan Mutu Pelayanan Di UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Secara Praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi mahasiswa untuk mengetahui Mutu Pustakawan khususnya pada bidang pelayanan sirkulasi. dan Secara Metodologis, dapat menjadi kajian dalam rangka pengembangan riset dan sebagai bahan informasi bagi mereka yang akan melakukan penelitian sejenis dimasa yang akan datang.Yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang, dari jumlah keseluruhan pegawai UPT Perpustakaan UHO sebanyak 39 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Observasi, wawancara dan studi pustaka yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut di buktikan dengan hasil observasi lapangan dan di perkuat oleh hasil wawancara dengan informan yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan khususnya Pelayanan Sirkulasi yang terdapat pada perpustakaan tersebut, dimana terdapat jawaban yang positif dari kelima poin yang diteliti yaitu Komunikasi, melakukan pembenahan dan pengadaan buku dirak, memiliki fasilitas perpustakaan yang baik, melakukan stock opname koleksi bahan pustaka, serta melakukan promosi, Meskipun masih ada 1 (satu) poin yang menurut informan yang belum bisa diwujudkan dengan baik yaitu pada poin Memiliki Fasilitas perpustakaan yang baik. Dimana pada UPT. Perpustakaan Universitas Halu Oleo itu sendiri masih belum memiliki fasilitas yang memadai guna menunjang informasi pemustakanya. Akan tetapi jika dilihat dari keseluruhan poin penelitian mengenai peningkatan mutu pelayanan dapat di kategorikan baik. Kata Kunci : Mutu Layanan Perpustakaan
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-08-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1453
10.52423/jikuho.v1i2.1453 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 1, No 2 (2016)
2527-9173 10.52423/jikuho.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1453/1041
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|