BENTUK KOMUNIKASI SOSIAL PENANGANAN BENCANA BANJIR MASYARAKAT TINGGAL SEKITAR SUNGAI WANGGU KOTA KENDARI
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
BENTUK KOMUNIKASI SOSIAL PENANGANAN BENCANA BANJIR MASYARAKAT TINGGAL SEKITAR SUNGAI WANGGU KOTA KENDARI
|
|
Creator |
Yasaar, Ahmad
Dilla, Sumadi La Iba, La Iba |
|
Description |
Banjir di kota Kendari pada umumnya terjadi karena kurangnya drainase, kerusakan hutan serta adanya perubahan penggunaan lahan. Perlu adanya bentuk komunikasi yang efektif untuk meminimalisis dampak dari bencana banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi sosial yang efektif diterapkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitaran sunggai Wanggu kota Kendari dalam upaya penanganan bencana banjir. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Kualitatif dengan subjek penelitian ini yaitu keseluruhan warga yang tinggal disekitaran sungai Wanggu dengan informan berjumlah 7 orang. Adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi sosial yang efektif diterapkan sebagai upaya penanganan bencana banjir pada masyarakat yang tinggal di sekitaran sunggai Wanggu kota Kendari adalah kerjasama (bentuk komunikasi asosiatif) baik kerjasama antar masyarakat maupun kerjasama dari pemerintah ke masyarakat, dan pemasangan rambu-rambu tanggap bencana oleh pemerintah daerah. Adapun penerapan teori komunikasi persuasif pada masyarakat yang tinggal disekitar sungai Wanggu telah berjalan dengan efektif. Masyarakat telah menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk meminimalisir kerugian dan dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir yang terjadi disekitar sungai Wanggu. Kata Kunci: Bencana Banjir, Bentuk Komunikasi Sosial, Teori Persuasif, Masyarakat
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-10-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/13935
10.52423/jikuho.v5i4.13935 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 5, No 4 (2020): Edisi Oktober; 266-278
2527-9173 10.52423/jikuho.v5i4 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/13935/11025
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Ahmad Yasaar, Sumadi Dilla, La Iba La Iba
|
|