Record Details

Analisis Semiotika Makna Slogan Kampanye Caleg Dprd Kota Kendari

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Semiotika Makna Slogan Kampanye Caleg Dprd Kota Kendari
 
Creator Pratama, Arya Idil
Abdullah, Muhammad Zein
Saidin, Saidin
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semiotika pada slogan caleg DPRD Kota Kendari Dapil 1 Kec.Mandonga-Puuwatu tahun 2019.Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes.Objek penelitian ini adalah 5 slogan caleg DPRD Kota Kendari dapil 1 Kec.Mandonga-Puuwatu tahun 2019.Unit analisis dalam penelitian ini adalah makna yang terkandung dalam slogan tersebut.Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dapat dijelaskan secara jelas dan rinci.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media luar ruang contohnya pada baliho dimanfaatkan oleh ke-5 calon anggota legislatif yang terpilih ini dalam mengkampanyekan atau mempromosikan diri mereka kepada masyarakat dan untuk menarik simpatisan dari masyarakat Kota Kendari dalam memenangkan pemilihan umum tahun 2019.Adapun isi pada baliho tersebut berupa foto, nomor urut, partai, visi dan misi, serta ke-5 caleg ini menggunakan slogan.Slogan-slogan yang mereka gunakan di dalam balihonya terdapat kalimat penegasan, pernyataan dan ajakan. Yang artinya ke-5 caleg ini dalam slogannya ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Kota Kendari bahwa inilah janji-janji yang akan mereka wujudkan  ketika dia terpilih menjadi anggota legislatif tahun 2019 dan juga ke-5 caleg ini didalam slogannya menggambarkan karakteristik diri seorang caleg tersebut. Walaupun ke-5 slogan itu berbeda maknanya akan tetapi memiliki suatu tujuan yang sama yaitu caleg tersebut ingin melakukan yang terbaik untuk masyarakat Kota Kendari khususnya di Kecamatan Mandonga dan kecamatan Puuwatu.Kata Kunci : Analisis Semiotika; Slogan; Kampanye; DPRD
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2020-04-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/10369
10.52423/jikuho.v5i2.10369
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 5, No 2 (2020): Edisi April; 102-117
2527-9173
10.52423/jikuho.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/10369/8340
 
Rights Copyright (c) 2020 Arya Idil Pratama, Muhammad Zein Abdullah, Saidin Saidin
 


www.freevisitorcounters.com